Apa dan Mengapa e-KTP ?


Resume Kuliah
IF4092- Sosioteknologi Informasi
Ega Dioni Putri (13506095)
UJIPETIK E-KTP DAN NIK DILENGKAPI SIDIK JARI DAN
CHIP
BERBASIS SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK)

Teknologi informasi kini telah diterapkan di berbagai bidang sehingga banyak bermunculan istilah-istilah yang ditambah embel-embel “e” (electronic, dibaca dengan lafal “i”) didepannya, contoh: e-commerce, e-book, e-voting, dan lain-lain. Dalam hal ini, Departemen Dalam Negeri sebagai pihak yang bertugas mengurus sistem kependudukan Indonesia tidak ketinggalan melakukan inovasi. Salah satunya adalah dengan mencanangkan pembuatan e-KTP yang saat ini sedang dalam tahap pengujian (disebut uji petik) di beberapa wilayah Indonesia.

Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa diantaranya digunakan untuk hal-hal berikut:

  1. Menghindari pajak
  2. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
  3. Mengamankan korupsi
  4. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris)

Untuk mengatasi duplikasi tersebut sekaligus menciptakan kartu identitas multifungsi, digagaslah e-KTP yang menggunakan pengamanan berbasis biometrik.

Autentikasi menggunakan biometrik yaitu verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik atau tingkah laku manusia. Ada banyak jenis pengamanan dengan cara ini, antara lain sidik jari (fingerprint), retina mata, DNA, bentuk wajah, dan bentuk gigi. Pada e-KTP, yang digunakan adalah sidik jari. Tujuan penggunaan biometrik pada e-KTP adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah adanya pemalsuan
    Dengan biometrik, autentikasi dilakukan dua tahap, yakni:

    • what you have (apa yang kamu punya) melalui fisik kartu e-KTP
    • what you are (seperti apa kamu) melalui identifikasi biometrik

    Jika terjadi kehilangan kartu, maka orang yang menemukan kartu e-KTP milik orang lain tidak akan dapat menggunakannya karena akan dicek kesamaan biometriknya.

  2. Mencegah adanya penggandaan
    Dengan e-KTP, seluruh rekaman sidik jari penduduk akan disimpan di AFIS (Automated Fingerprint Identification System) yang berada di pusat data di Jakarta.

Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu. Proses pengambilan sidik jari dari penduduk sampai dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut:

Sidik jari yang direkam dari setiap wajib KTP adalah seluruh jari (berjumlah sepuluh), tetapi yang dimasukkan datanya dalam chip hanya dua jari, yaitu jempol dan telunjuk kanan. Sidik jari dipilih sebagai autentikasi untuk e-KTP karena alasan berikut:

  1. Biaya paling murah, lebih ekonomis daripada biometrik yang lain
  2. Bentuk dapat dijaga tidak berubah karena gurat-gurat sidik jari akan kembali ke bentuk semula walaupun kulit tergores
  3. Unik, tidak ada kemungkinan sama walaupun orang kembar

Informasi penduduk yang dicantumkan dalam e-KTP ditunjukkan pada layout kasar berikut:

Untuk mendapatkan informasi di atas dari penduduk, wajib KTP harus mengisi formulir tipe F1.01.

Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat e-KTP diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:

  1. Identitas jati diri tunggal
  2. Tidak dapat dipalsukan
  3. Tidak dapat digandakan
  4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada

Struktur e-KTP sendiri terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas (dilihat dari depan). Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak. Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya:

  1. Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip
  2. Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu
  3. Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai spiral)
  4. Printing,yaitu pencetakan kartu
  5. Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik
  6. Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman

Dari hasil observasi penulis, banyak yang mempertanyakan pembuatan e-KTP ini., bahkan sebagian masyarakat membentuk prasangka-prasangka buruk atas pengalokasian dana proyek e-KTP yang konon mencapai 60 triliun. Padahal menurut penjelasan Bp. Munawar, dosen Sosioteknologi Informasi yang juga dilibatkan dalam proyek ini, justru e-KTP akan menghemat pengeluaran Negara berkali-kali lipat. Gambaran penghematan tersebut sebagai berikut:

  1. Penghindaran pembayaran pajak dari sebagian penduduk akan dapat dihindari sehingga pemasukan Negara dari pajak akan meningkat
  2. Dana yang dibutuhkan untuk pemilu atau pilkada dapat dikurangi karena KPU tidak perlu mencetak kartu tanda pemilih, surat keterangan pemilih luar kota, dan sebagainya bagi penduduk wajib pilih. Jika secara kasar dana untuk tiap pilkada di tingkat provinsi saja menghabiskan 8 triliun, dapat dibayangkan besarnya dana di seluruh Indonesia. Belum lagi biaya pemilu presiden yang diadakan lima tahun sekali.
  3. Dalam pengembangannya nanti, e-KTP bukan hanya digunakan untuk kartu pemilih saja, melainkan juga SIM dan kartu identitas dari Negara lainnya. Maka, biaya pembuatan kartu-kartu tersebut dapat ditekan.
About these ads
Leave a comment

41 Comments

  1. limaapril

     /  February 19, 2010

    keren dah

    Reply
  2. ini baru konsep kan ? :mrgreen:

    Reply
    • Konsep gimana? kan sudah disebutkan kalo sekarang lagi tahap pengujian…sebenarnya semua keperluan produksi fisik e-KTP sudah siap, tapi pembenahan data kependudukan di berbagai wilayah masih harus “kerja bakti”..entah sampai kapan. Bayangin aja, kata dosen saya, di tiap kabupaten itu beda-beda SIAK-nya (termasuk aturan atribut2 dalam database-nya) akibat otonomi daerah. Jadi, nggak bisa langsung copy paste data ke sistem yang baru. Yang jelas begitu data2 sudah rapi, penyeragaman sistem sudah beres, jalan deh ini…

      Reply
  3. di luar negri udah banyak yang pake,kita baru mau mulai,tapi gak apa yg penting ada kemajuan,di tgu knjgn baliknya,tks

    Reply
  4. Jadi keingetan komentar seorang teman waktu dikasitau ada acara bikin e-KTP ini. Dia bilangnya, “apakah ini saat yang tepat untuk buat yang kayak gini ya? Dana sebesar itu kayaknya kalo dipakai untuk hal lain, seperti program pengentasan kemiskinan dan perbaikan pendidikan sepertinya akan lebih bermanfaat.”

    Jadi kepikiran… penerapan teknologi seperti ini di negara Indonesia apa memang waktunya sudah tepat ya? Kalo hanya secara sekilas, menurut aku yang sebagai salah satu pelaku teknologi informasi, ini memang tuntutan kemajuan teknologi di dunia, kita harus ikut biar tidak ketinggalan jaman. Tapi bagi teman saya itu, yang mungkin kurang mengikuti teknologi seperti beberapa diantara kita, ada hal yang lebih penting dari sekedar kartu ber-chip untuk rakyat Indonesia saat ini…

    Reply
    • Sepertinya tentang ini sudah dijelaskan oleh pak dosen. Sebagian masyarakat yang tidak paham dengan “apa” dan “mengapa” teknologi ini sebenarnya kebanyakan akan berpikir seperti itu. Silakan baca berbagai komentar di detik.com mengenai topik e-KTP kalo mau liat reaksi massa. Reaksi yang kurang lebih sama seperti halnya inovasi-inovasi pemerintah sebelumnya.

      Padahal, dari segi biaya, keuntungan yang didapatkan dari penerapan e-KTP ini kedepannya akan lebih besar daripada biaya pembuatannya. Menurut saya itu benar asal seluruh pihak terkait bekerja sama dan bekerja keras mensukseskan proyek ini sehingga tidak berhenti di tengah jalan lalu dibatalkan begitu saja, wah itu sih rugi besar. Memang hal ini tampak sulit, mengingat banyaknya daerah di INA dengan jumlah penduduk yang luar biasa besar dan mental orang INA yang mau enaknya saja, tidak sungguh-sungguh, serta hobi sogok-sogokan. Sulit, tapi mungkin. Tentang waktu, kapan pun juga nggak akan jalan kalo nggak dimulai.

      Daripada terlambat sangat, mendingan sekarang. Daripada berdiam tidak melakukan upaya apa-apa untuk menanggulangi kecurangan-kecurangan yang selama ini merugikan negara dalam jumlah miliaran dan nama baik, mendingan BERGERAK dengan MELAKUKAN SESUATU, salah satunya dengan hal ini. Masalah negeri ini memang banyak, tapi bukan berarti harus mengorbankan masalah yang sebenarnya mampu diselesaikan. Harusnya negara (termasuk kita) mencari uang lebih banyak lagi untuk itu.

      Reply
  5. Iya si, ngerti, cuma sayangnya alasan yang sama juga bisa diajukan untuk setiap program pemerintah yang lain, atau bahkan untuk semua program pemerintah. Yang, tentu saja memiliki potensi “demi kebaikan rakyat Indonesia kedepannya”.

    Reply
  6. Adhie

     /  July 27, 2010

    Saya sbagai warga negara yg baik setuju saja dgn pembuatan e ktp tapi jangan sampai program pembuatan e ktp menjadi sekedar proyek untuk mencari keuntungan semata bagi intansi yg terlibat yang memberatkan rakyat karna blum lama ini ada perubahan ktp dengan ktp nasional yg baru padahal blum lama ktp nasional lama telah dibuat, lalu setelah e ktp , jenis apa lagi yang akan dibuat ?

    Reply
  7. SAYA CADANGKAN BUATLAH E KTP SETANDING DGN NEGARA-NEGARA JIRAN YG JAUH LEBIH CANGGIH DAN CANTIK SEKALI IDETITAS CARD MEREKA, CONTOHNYA MALAYSIA YG MEMPUNYAI ID CARD TERCANGGIH NO2 DIDUNIA SETELAH KANADA, ID CARD MALAYSIAN MEMPUNYAI 64 MB SEDANGKAN E KTP KITA BARU 4 MEGA BAIT SAJA, ADUH BAGAIMANA MAU SIMPAN DATA-DATA , CAP JARI , SIM, ATM BANK ??? KALAU CUMA ADA 4 MB SAJA??? KALAHKAN NEGARA JIRAN KITA YG JAUH LEBIH KECIL NEGARANYA KNAPA MEREKA LEBIH MAJU DAN BEGITU CANGGIH SEKALI SISTEM PEMERINTAHAN MEREKA YG HAMPIR SELURYHNNYA HANYA MENGGUNAKAN MYKAD ( MALAYSIA KAD CANGGIH BIOMETRIK)..INDONESIA KNAPA TERUS KETINGGALAN ZAMAN SEH????????????????????

    Reply
  8. BUKAN SYA MAU BANGGAKAN NEGARA ORG TP SETIDAKNYA BISA DIJADIKAN CONTOH YG LEBIH BAIK DARI MEREKA BAHWASANNYA INDONESIA BISA BIKIN APA SAHJA, MASAKAN BIKIN KAPAL TERBANG BISA HANYA BUAT E KTP YG CANGGIH DAN CANTIK NGGAK BISA SEH???…KALAHKAN NEGARA JIRAN KITA MALAYSIA MEREKA ADA MYKAD YG BEGITU CANGGIH DAN CANTIK SERTA MEANRIK SEKALI BENTUKNYA BAGAIKAN MASTERCARD DAN MYKAD NEGARA JIRAN MALAYSIA NO 2 PALING CANGGIH DI DUNIA STLAH KANADA, MY KAD MALAYSIA BISA DIDETEKSI SATELIT BAGI SI PEMILIKNYA BIARPUN BERADA DILUAR NEGERI…INDONESIA KAPAN LAGI????

    Reply
  9. SAYA PERNAH MELIHAT CARA PEMBKINAN MYKAD MALAYSIA, SAYA MELIHAT CARA MEREKA TIDAK UBAHNYA SEPERTI KITA BIKIN SIM DAN PASPOR DANA MEREKA MENGGUNAKAN ALAT PENGAMBILAN CAP JEMPOL YG CANGGIH HANYA MELETAKKAN KEDUA JEMPOL DI SATU ALAT PENGESAN CAP JARI , SETELAH ITU BERGAMBAR DGN MENGGUNAKAN FOTO KOMPUTER TIDAK PERLU TANDA TANGAN KARENA CAP JEMPOL ( BIOMETRIK) MANUSIA BERBEDA -BEDA JADI TIDAK BISA DIPALSUKAN ORG LAIN…SISTEM CAP JEMPOL MENGGUNAKAN TINTA SUDAH KETINGGALAN ZAMAN SEKARANG SERBA CANGGIH MENGGUNAKAN SINAR INFRA RED UNTUK AMBIL SIDIK KEDUA -DUA CAP JEMPOL KITA SAJA….INDONESIA BISA!!!

    Reply
  10. SISTEM BIOMETRIK ADALAH SUDAH TERBUKTI DLM ALQURAN DAN CIPTAAAN ALLAH TAALA YG TIDAK MUDAH UNTUK DI PALSUKAN ORG LAIN, CAP JARI MANUSIA SELURUH DUNIA TIDAK ADA YG SAMA WALAUPUN KEMBAR SAMPAI 7 ORG, ITU SBBNYA MALAYSIA MENGGUNAKAN SISTEM CAP JEMPOL ( BIOMETRIK) UNTUK SEMUA URUSAN PEMERINTAHAN MEREKA KARENA TERBUKTI LEBIH CEPAT DAN LEBIH SELAMAT HANYA DGN MENGGUNAKAN 1 MYKAD SAJA, RAKYAT MALAYSIA BISA BERTRANSAKSI SELURUHNYA TERMASUK DI LUAR NEGERI ….INDONESIA KAPAN LAGI???..KATANYA UDAH REFORMASI HABIS-HABISAN!!!

    Reply
  11. KALAU MAU LIHAT E KTP MALAYSIA YG JAUH LEBIH CANGGIH DARI NEGARA KITA SILAKAN KLIK http://WWW.JABATAN PENDAFTARAN NEGARA .COM.MY DAN LIHAT TERUS VIDEO CARA PEMBIKINAN MYKAD MALAYSIA DIDALAMNYA PASTI PEMERINTAH INDONESIA KAGUM DAN CEMBURU , E KTP MALAYSIA ( MYKAD) MEREKA TERLALU CANGGIH DAN TERCANGGIH NO2 DI DUNIA SETELAH KANADA DAN IANYA BISA DIDTEKSI MELALUI SATELIT MEREKA BIARPUN WARGANEGARANYA BERADA DILUAR NEGARA ..CANGGIH KAN MEREKA ..NAH INDONESIA KAPAN LAGI????MASA KETINGGALAN ZAMAN TERUS SEH??..ORG UDAH SAMAPI KE MARS KITA BARU MAU KE BULAN!!!

    Reply
  12. INDONESIA HARUS TERUS MAJU JGN TERUS DIPERLECEHKAN SAMA NEGARA KIRAN KITA YG JAUH LEBIH KECIL TAPI SOMBONG BAGAIKAN SEBUAH NEGARA YG BERKUASA BESAR….KALAHKAN MALAYSIA DARI SEMUA SISTEM TECHNOLOGY ANAK PIARAAN BRITISH ITU

    Reply
  13. saya cadangkan supaya e KTP NASIONAL DIPERCANGGIHKAN LAGI KALAHKAN MYKAD NEGARA JIRAN MALAYSIA YG DIKATAKAN KARTU IDENTITAS DIRI PALING CANGGIH NO2 DI DUNIA ITU STLAH ID CARD KANADA, MYKAD MALAYSIA BISA DIDETEKSI OLEH SATELIT MEREKA SEKALIPUN RAKYATNYA BERADA JAUH DILUAR NEGERI…NAH INDONESIA MASAK SEH GGAK BISA TANDINGI NEGARA JIRAN YG KECIL ITU SDANGKAN KITA SUDAH BISA BIKIN KAPAL TERBANG YG CANGGIH, MASAK KALAH DGN MALAYSIA HANYA KARENA ID CARD MEREKA

    Reply
  14. KEMANAKAH GENERASI ILMUAN KITA YG BELAJAR JAUH KE NEGERA ORG SAMPAI EMERIKA , JAPAN , LONDON , AUSTRALIA DAN MANA ILMUAN KITA YG PERNAGH BELAJAR DI ITB ( INSTIUT TECHNOLOGY BANDUNG YG TERKENAL ITU???MASAKAN HANYA KARENA BIKIN ID CARD YG CANGGIH KITA KALAH DGN MALAYSIA YG KECIL ITU, MYKAD MALAYSIA DIKATAKAN MEMPUNYAI SEHINGGA 64 KB YG MAMPU MENYIMPAN DATA HINGGA 500.000 KALI LIPAT GANDA DAN TIDAK BISA DIPALSUKAN KALAU MAU LIHAT MYKAD MALAYSIA YG CANGGIH ITU SILAKAN KLIK http://WWW.JABATAN PENDAFTARAN NEGARA MALAYSIA .COM.MY DAN BISA SAKSIKAN CARA KERJA VIDEO MYKAD MALAYSIA ITU!!!

    Reply
  15. SAYA LIHAT NEGARA-NEGARA JIRAN SUDAHPUN JAUH MAJU KEDEPAN BERBANDING KITA YG SELALU SAJA TERTINGGAL DIBELAKANG SEKALI APA JUA SEKALIPUN SISTEM PEMERINTAHAN KITA, KARENA ITULAH KITA SERING DILECEHKAN NEGARA-NEGARA JIRAN KITA YG KECIL-KECIL ITU MERELA KATA INDON KOLOT , KETINGGALAN ZAMAN ORG UDAH SAMAPI KE PLANET BIRU KITA BARU KE BULAN SAMAPAI KAPAN NEGARA KITA TERUS BEGINI????..KATANYA SEMUA SISTEM SUDAH DIREFORMASIKAN MANA JANJI-JANJI UNTUK MEMAJUKAN BANGSA DAN NEGARA INDONESIA INI?????????????????

    Reply
  16. Kapan saatnya? Klo sekarang bisa jalan ya sekaranglah saatnya. Identitas penduduk merupakan pokok inti segala kegiatan administrasi. Klo ia buruk sungguh tidak ada satupun kegiatan layanan administrasi yang baik di negeri ini. Lihat saja sendiri buktinya : BLT, Pemilu, Pajak, bahkan Penerimaan siswa baru sekalipun ….. gak perlu tunggu-tunggu lagi , laksanakan!!!!

    Reply
  17. 1. Gmana ngurusnya. Apa tetap menggunakan KK untuk bikin E-ktp
    2. Biaya buatnya berapa?

    Thanks atas infonya..
    Jgn lupa tanggapannya..

    Reply
  18. edi p

     /  December 15, 2010

    ide cemerlang yang terlambat, di negara lain yg begitu banyak. di negara berkembang yg kaya begitu tidak sedikit. Indonesia baru rencana akan memulai. bagus saya dukung 100%. lebih baik terlambat dari pada tidak. ini proyek besar negara, tapi jangan dikoropsi. betul…..

    Reply
  19. Setio Widianto

     /  December 24, 2010

    http://www.sikharchives.com/?p=701

    wow, link itu isinya tentang e-KTP. Ternyata ada juga negatif-nya

    Reply
  20. wah berita mak nyus nehh,,,

    thanx

    Reply
  21. teh sy mau tanya, kl e-KTP yang skrg pemerintah kerjakan, apakah sudah dilengkapi RFID untuk contactless access nya? atau hanya chip aja ky master card?

    Reply
  22. ekosuryantoro

     /  April 4, 2011

    sy ikut bangga jika Indonesia bisa melaksanakan e-ktp, jelas itu akan ada penghematan anggaran yg besar yg hrs dikeluarkan pemerintah..bayangkan dobel anggaran yg selama ini kita lakukan seperti kartu pilpres, pilgub, pilbub , ktp dan sim tentunya kaluau bisa dijadikan satu lebih hemat…nbelum fungsi-fungdi yg lain….

    Reply
  23. Tukul

     /  April 6, 2011

    Hamdiansyah kok KATROK banget ya…

    Reply
    • wow… HURUF BESAR SMUA (baca : Hamdiansyah) suka komentar dimana mana ttg e-ktp rupanya,, tp mnurut gw pemahaman loe msh dangkal deh,, coba kasi tulisan lg yg lbh enak, jgn pada inti membesarkan Mykad aj… supaya loe g KATROK lg, key..?

      Reply
  24. Harmon

     /  May 7, 2011

    saya sebagai pribadi sangat mendukung penggunaan e ktp ini. hal ini kiranya dapat dikembangkan lagi penggunaan e ktp untuk hal – hal yang sifatnya keuangan. dengan demikian dengan hadirnya e ktp nanti,yang bekerjasama dengan bank – bank tertentu kiranya sangat efisien dan efektif penggunaanya yang dapat menggantikan sistem kartu kredit atau atm yang membutuhkan pin dan butuh waktu lama. semoga saja penerapan e ktp dapat berfungsi ganda bukan saja sebagai identitas diri akan tetapi sebagai alat bayar sistem elektronik. sehingga kita tidak perlu menggunakan uang secara fisik. bebas dan aman dari perampokan, pencurian dan sebagainya.

    Reply
  25. bagus mbak info nya… di http://www.e-ktp.com aja belum ada info ini..

    Reply
  26. Zulkifli Muhtar

     /  July 2, 2011

    terima kasih informasinya kawan :)

    Reply
  27. Zacky

     /  July 5, 2011

    Ane salah seorang dari developper yg bikin aplikasi buat e-ktp. Ditunggu saja ya, rencana kami selesai akhir tahun..

    Reply
  28. lepes

     /  July 7, 2011

    pembodohan oleh teknologi… di kuasai dengan teknologi… tujuan awalnya untuk memudahkan dalam mengatur dan menata sesuatu menjadi lebih baik.. tapi tujuan akhirnya untuk memudahkan dan melacak agar mudah di hapus… untuk apa harus ikut-ikut sistem yang di keluarkan negara lain , buat aja sistem yang hasil dari bangsa sendiri. apakah sistem yang di buat ini sudah mempunyai proteksi keamanan yang tinggi buat bangsa ini? coba anda berpikir,kalau saja seandainya Indonesia diserang oleh bangsa lain atau kroni kroni nya yang menciptakan sistem ini , betapa mudah nya mereka membumi hangus kan manusia-manusia yang terdapat di dalam data e ktp itu. Teknologi menurut saya sangatlah bagus , cuma harus sesuai dengan batasan-batasan yang mana harus selalu ditinjau baik dan buruknya..
    suatu saat kita di perbudak dengan satu pengusa tunggal dengan chip chip yang kalian bangga-bangakan dan kalian anggap habat itu , nantinya hal itu jugalah yang akan membinasakan kalian secara perlahan.

    Reply
  29. nopen susanto

     /  August 4, 2011

    banyak permainan yang terjadi dipelaksanaan pembuatan e ktp,mana orang2 yang katanya mengawasi pelaksanaan e ktp,banyak potongan2 buat instruktur kecamatan jika tidak mau dibuang padahal kami sdh ikut pelatihan dijakarta,siapa yang mengantikan,yang pasti orang2 yang tidak tau apa2 tentang pembuatan e ktp,mau dibawah kemana negara ini jika yang katanya mega proyek yang mengabiskan APBN 6.6 triliun seperti main2….

    Reply
  30. rangga

     /  November 17, 2011

    refolusi yang baik, namun harus juga paling utama birokasi administrasi pemerintah harus lebih ketat terbuka dan kuat. yang sudah jadi rahasia umum ada beberapa oknum klo gak dikasih tip ktp bisa jadinya lama ato bahkan terang2an minta uang rokok. masyarakat juga mau cepet ato gmn maunya langsung nyogok. jadi untuk menghindari bagusnya administrasinya harus ketat berlaku profesional gak murahan demi nama indonesia n kebanggan mereka terhadap seragam serta pekerjaan mereka lakukan buat kita2 juga. jadi bisa membina masyarakat dengan baik. buat yg suka nyogok hmm ayolah jangan maling teriak maling intinya berawal dari diri sendi klo mau indonesia bagus..perbaiki diri sendiri dulu baru kritik.jaya indonesia mudah2an bukan keren seperti di luar negri tapi orang luar negri yang bilang keren seperti INDONESIA.. amiiin

    Reply
  31. berapa lama masa berlakunya E KTP itu. Kalo buat seumur hidup baru itu hebat.. Tpi awas pasti ada kekurangan dan mungkin bisa d duplikasikan karna E KtP tertanam cips dan mengandung elecktromagnetik. Pasti mempunyai kerusakan. Istilah nya EROR data.. Krna gelombang elecktro magnetik mempunyai sinyal g mana kalo E ktp itu di bawah ke Pesawat nti ada pengaruh gk wat jaringan sinyal pesawat itu sendiri. Krna ak pulang pergi dari rusia ke indo hampir 2 sekali. Mohon penjelasan nya.

    Reply
  32. hasbullah

     /  January 21, 2013

    MAU TANYA MUNGKIN ADA YANG TAU,KLW JAMAN PAKAI KTP LAMA,DAN KITA PINDAH KERJA KE DAERAH LAIN DR TEMPAT KT TINGGAL,DN KT TINGGAL SAMPAI 1THN,KT HARUS GANTI KTP DAERAH KT TINGGAL,DAN E KTP APA MACAM IT JG HARUS GANTI MACAM KTP LAMA,MUDA2 AN TDK

    Reply
  1. Value Driven Strategy, Studi Kasus: PT XL « .:: si /-|ebat ::.
  2. e-KTP | Gaiu_ppe
  3. Bagaimana (Pendaftaran) e-KTP? « .:creativega:.

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: