Sugeng Riyadi*!


Alhamdulillah…Lebaran tiba lagi…Saatnya mencuci bersih diri yang hina dan penuh dosa ini.

Masyaallah…Ramadhan kembali berlalu…Betapa berat meninggalkan bulan yang penuh rahmat, ampunan, dan hidayah Sang Khaliq…Betapa beruntung kita telah dipertemukan dengan Ramadhan lagi tahun ini. Tahun depan?Tidak ada yang bisa menjamin kita masih hidup dan bertemu lagi dengan Ramadhan.

Seorang sahabat Rasulullah SAW pun sampai menangis ketika harus berpisah dengan bulan yang sangat istimewa ini. Bagaimana dengan kita? Menangis jugakah?Atau malah sebaliknya, seperti adik saya, bahagia tiada tara karena puasa telah usai dan bisa makan sepuasnya lagi sepanjang hari?Hehe…Hanya diri kita masing-masing yang dapat menjawabnya. Parameter berhasil tidaknya Ramadhan adalah pribadi kita di sebelas bulan berikutnya, lebih baik atau makin hancur. Makanya…yuk ah kita introspeksi diri kita masing-masing! Yuuk…

Berbicara tentang Lebaran, jujur, saya merindukan bangsa kita seperti dulu lagi, Lebaran dirayakan bersama-sama, pada hari yang sama. Entah, rasanya lebih enak aja gitu bareng-bareng…Takbirnya bareng, keliling kampungnya bareng, makan-makannya bareng, semua-muanya bareng. Nggak kayak sekarang, sepiii…eh, mungkin di tempat saya saja ding!
Maaf terlalu subyektif..hehe.

Tapi emang bener lho , di rumah saya tidak terdengar takbir sama sekali. Padahal keluarga saya sholat Idnya hari ini (baca: ngerayain Lebaran juga hari ini) loh. Masjid yang jauhnya 40 meter dari rumah juga hari ini ngerayain Lebarannya, tapi ga kedengeran ada yang takbir, mungkin pada mudik semua takmirnya. Saya heran dengan fenomena ini. Tahun-tahun sebelumnya juga Lebaran beda-beda, tapi biasanya semarak pisan! Yang Lebaran duluan ga kalah rame sama yang Lebaran hari berikutnya. Fiuh…sendu…

Ngobrol2 soal Lebaran, Islam punya beberapa ajaran lho seputar hari raya! Ini dia SEMBAKO (SEMBilan Ajaran Kanjeng nabi rasulullOh SAW ) seputar HARI RAYA :
1. Sholat Id berjama’ah di tempat-tempat terbuka di luar masjid, misalnya lapangan. Ikhwan, akhwat, tua, muda, ampe anak-anak disunahkan mengikuti ‘ritual’ ini…
2. Memperbanyak do’a untuk diri sendiri. Eh, ternyata boleh sedikit narsis di hari raya ;P
3. Saling mendoakan sesame saudara muslim dengan “Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima persembahan amal ibadah dari kami dan kalian semua)
4. Mencicipi hidangan sebelum melaksanakan sholat Id. Islam tahu kok kita udah berpuasa selama sebulan lamanya…jadi di hari raya kita malah dianjurkan buat makan dulu sebelum sholat. Ini kebalikannya dari Idul Adha, yang mengajarkan untuk menunda pesta makan besar setelah sholat Id, tapi menyembelih hewan qurban dulu dan membagi-bagikannya dulu kepada yang membutuhkan…So sweet!!!
5. Bayar zakat fitrah dunk…Nah, kita jangan sampe pelit nih buat urusan zakat. Dalam sebuah episode sinetron PPT(Power PoinT..eh,salah..Para Pencari Tuhan) aja diceritain kalo si Azam yang kaya raya bayar zakat mal sebesar 30 juta dan kliatan nggak keberatan sedikit pun ngeluarin uang sebanyak itu. Waktu ditanya apa ga kebanyakan uang sebanyak itu, dia dengan santainya menjawab, “Memang harusnya segitu. Toh, itu kan cuma ZAKAT, bukan keuntungan, modal atau kekayaan, jadi saya nggak merasa keberatan mengeluarkannya. Zakat itu kan harta orang lain yang dititipkan ke kita, jadi udah hak mereka …”. Wow, subhanallah..andai aja semua orang berpikiran kaya gitu ya, terutama para konglomerat negeri ini, saya yakin ada banyak tuch! Kalo saya sich kongmelarat…Hehe
6. Membangun semangat solidaritas dan kebersamaan umat melalui internalisasi hikmah zakat fitrah dan pembagian hewan korban(Idul Adha)
7. Introspeksi diri (ehem…)
8. Silaturrahim ke para sahabat, handai taulan, dan sanak kerabat
9. Menciptakan kondisi yang gembira dan menyenangkan

Siap berlebaran dengan tuntunan Rasulullah? Harus dong ya!
Selamat berhari raya…selamat bersilaturrahim..selamat saling memaafkan…selamat mengisi hari nan fitri ini dengan kebaikan-kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain!

Salam Lebaran,
Mohon maaf lahir dan batin,
Ega Dioni Putri

Leave a comment

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: