Dreamweaver,oh,Dreamweaver


Walaupun saya seorang divisi web di sebuah klub radio amatir(nama dirahasiakan;), seorang divisi media di himpunan dan sekaligus mahasiswi prodi informatika, saya belum ada mahir-mahirnya sama sekali dalam menggunakan Macromedia Dreamweaver. Ceritanya, saya dapat tugas membuat website pribadi dari dosen IMK (Interaksi Manusia Komputer) sekitar sebulan yang lalu. Dari awal, saya nekat mau pake Dreamweaver, padahal masih buta banget. Selama ini saya cuma pernah bikin website iseng2an dengan mengetik kode html dan CSS secara manual di notepad. Tentu saja dengan desain minimalis dan tidak terstruktur. Tapi kali ini, saya berencana membuatnya dengan serius di Dreamweaver…

Akhirnya…saya mulai ngutak-ngatik software ini…dan…

Saya dipusingkan dengan gambar!!! Saya baru tahu kalo di DW (Dreamweaver, penulis) gambar-gambar tidak bisa diatur semudah di MS Word seperti tight, square, atau behind text. Hehe, cupu banget ya saya😉

Lalu…saya coba bekerja dengan tabel…

Sama aja! Saya tetap saja tidak bisa menulis di atas gambar…

Kemudian…saya mencoba bekerja dengan layer…

Saya pikir ini akan mudah, karena saya sudah terbiasa menggunakan Adobe Photoshop….eh, ternyata…

…ketika ditampilkan di browser tidak sesuai dengan desain di DW! Gambar dan tulisan-tulisan yang sudah tersusun rapi di DW hancur ketika dibuka di browser.

Kecupuan saya makin menjadi…

Saya memasukkan gambar desain website secara utuh kemudian membuat area-area hotspot di atasnya tanpa “defragment” yang jelas…

Hari demi hari berlalu…

Saya cuekkin proyek website pribadi saya begitu saja…karena saya udah keseel…Pengen beli bukunya tapi males…Sempet kepikiran mo pake CMS aja. Tidak! It’s not me banget…

Akhirnya saya nanya temen, katanya musti pake CSS ngaturnya! Well, gw juga tahu kalo pake CSS…tapi gambarnya tetep aja ‘sombong’, ga bisa diatur-atur lay outnya, pikir saya waktu itu. Sampe akhirnya temen saya bilang, “Gambarnya dijadiin background”.

OH, IYA! BACKGROUND!

Masyaallah, saya baru sadar klo itu kuncinya…bagaimana bisa tidak terpikir di benak saya selama ini. Potong-potong gambar yang akan dijadikan “template”, kelompokkan menurut letaknya, buat CSS di setiap bagiannya, dan jadikan potongan-potongan gambar yang sudah dikelompokkan tadi sebagai backgroundnya! Woalaaaah…pantees…

Begitulah kisah saya dan Dreamweaver…

Sekarang saya memiliki harapan lagi untuk melanjutkan website saya…
Doakan saya yach!

Salam Ngelu,
Ega Dioni Putri

Leave a comment

23 Comments

  1. adipsujarwadi

     /  November 8, 2007

    Didoakan…
    Sukses2…
    Dreamweaver?? Ga pernah nyentuh tuh…he hee…

    Reply
  2. semangat ya!😀

    *blogwalking*

    Reply
  3. xrxnt

     /  November 8, 2007

    hehehe….
    kalo mo blajar ngoding web jangan pake kakas yang aneh2 dulu non….
    pake yang standar2 ja kaya notepad(kalo di Micro****) ato vi di LINUX
    diselami dulu dasarnya….
    kalu udah mantap dasarnya….baru deh pake kakas2 gitu…
    yang smangat!
    keep fighting!..

    Reply
  4. @xrxnt:
    Iya,Kakak…
    Banyak banget nasihatnya…

    Reply
  5. @Ega : Santai2, aq jg ngelu, kok

    @Fiqri : Nah klo pke notepad terus, malah g bs lgsg diliat tampilanny

    Reply
  6. xrxnt

     /  November 10, 2007

    @restya : ya kalo liat langsung aja di browsernya….
    kan lebih nyata….
    daripada kalo di dreamweaver kan cuma preview sebagian…. ga sepenuhnya bisa….
    kalau pakai notepad itu ntar kita lebih mengena pada codingnya…
    yah kayak kalau praktikum gitu kan…
    kalau mau tau programnya beres ya compile dulu…
    kalo udah lolos compile baru deh di coba dijalankan…
    kalo udah jalan cari bugnya…
    kalo ketemu sama bug ya di debug programnya….
    kalau nggak gitu ya mau gimana lagi…
    smangat ya mbak!

    @ega: yang smangat ya!jangan pernah menyerah!

    Reply
  7. klub radio amatirnya namanya apa, dioni?😀
    kok dirahasiakan. hehehe…

    Reply
  8. Dreamweavernya itu legal gak dapetinnya?

    Reply
  9. @Reditya : Ehem, takut menurunkan reputasi soalnya. Reputasi si klub karena kecupuan saya maksudnya…bukan reputasi saya turun karena nama si klub ;P
    @Petra : Wah..udah mulai nyinggung soal legalitas nih ()u.u'()

    Reply
  10. yah, cuman ngingetin aja kok ^_^

    Reply
  11. *pengalaman
    – Pake notepad cuman pas belajar dasar2 html..
    – Klo emang mo bikin situs beneran ya ribet lah pake notepad.. minimal pake notepad++ klo di windows, ato scite klo di linux => syntax-nya udah di-highlight
    – Biar cepet n’ menghemat tenaga, terutama pas bikin situs yg rada rame, ya pake tool kyk dreamweaver (pernah coba bluefish di Linux, bagus jg)

    @petra : gile, poss udah ngefek🙂

    Reply
  12. Hmm… pake Dreamweaver bukannya gampang ya, apalagi kalo udah blajar HTML+CSS? Kan syntax-nya muncul drop-down, jadi bisa milih😀 Ada css generator-nya pula. Saran gw, kalo pake Dreamweaver, pake visual tool-nya dulu, trus diliat code-nya. Nah, sama kan kayak HTML+CSS yang biasa kamu bikin di notepad?😉

    Reply
  13. rockerbad

     /  November 21, 2007

    adobe dreamweaver, salah satu tools fave gw…
    (soalnya ada library nya, jadi ga usah susah2 menghafal code html ato css, asal inget sepatah dua patah kata tentang tag nya, bisa jadi tag kumplit deh)
    kan ada tuh mode coding nya dari tiga mode yang ada (code, split, ama design), biar bisa ngoding kaya pake notepad.

    kalo mau preview, bisa pake mode design, cuma ga akan seaktual pake browser (suka beda gitu).
    Kalo mau tau pengaruh code ama previewnya, pake split aja.

    (kok jadi promosi gini sih)

    oh ya, btw pake DW cuma bisa preview yang client base aja (html, css, javascript, dkk), jadi yang server base (php, asp, dkk) ya harus diliat pake browser dengan cara akses ke servernya.
    (kalo bingung, sante aja, gw juga baru ngerti pas kapan gitu hehe…)

    Reply
  14. kalau untuk koding HTML+CSS di lingkungan Windows, pakai nVu aja. Cukup powerfull kok.

    Reply
  15. Hehe… Tampak heboh ngerjain web IMK nya… Padahal kan bikin web itu seru🙂

    Dulu siy aku ga terlalu make Dreamwaver (artinya dipake juga, tapi sedikit), males eksplorasi. Jadinya pake Adobe Photoshop n Notepad++. Adobe Photoshop buat ngedit template (maklumlah ga bisa desain), trus pake Slice Tools bikin kotak-kotak buat content-nya. Nah, ntar tinggal Save for Web, Photoshop nya langsung nge-save sebagai tabel, dengan gambar yang dipotong2 tadi sebagai background tiap sel tabel. Nah, selanjutnya tinggal ngisi contentnya aja. Tambahin CSS biar enak. Terus file-nya .php biar keren (padahal ga ngerti PHp, haha…).

    Gampang toh🙂 Oya, pertanyaan kamu tentang IMK aku bales di komen di blog aku aja ya🙂

    Reply
  16. wew,

    saya dulu malah cuman pake notepad++ sama the gimp aja…..
    pake full php + ajax…..
    terus tableless lagi…..

    sok-sokan keren…. tapi malah mengurangi nilai fungsionalitas…. tapi desainnya bagus dulu itu ^_^

    Reply
  17. boak

     /  December 24, 2007

    mba, CMS itu apa si??
    trus ane juga baru install adobe dreamweaver nie, sama ane juga bingung gimana caranya agar naro image agar menjadi background?
    terima kasih ya

    Reply
  18. @boak :
    CMS itu Content Management System, suatu software berbasis web atau desktop buat ngelola (menambah, mengedit, menghapus, dll) isi dari suatu web. Ya semacam blog gitu..jadi orang yang nggak ngerti sm bahasa pemrograman web ky HTML, CSS, php, dsb bisa langsung bikin web dari CMS ini. Kalo mo ngejadiin image sbg background, coba kamu bikin tabel sesuai dengan bentuk gambarnya (atau dipotong-potong dulu), trus ntar di bagian properti tabel kan ada pilihan “background”, tinggal browse aja gambar mana yang mau kamu jadiin background. Oke? Met mencoba!

    Reply
  19. denmas

     /  August 8, 2008

    mba’ saya juga sudah cobba pakai dw, termasuk image dan backgoround cuman pusing ning setiap gua lihat di browser kog image sama backgroundbta nggak bisa tampil ya

    Reply
  20. @denmas -> Pastiin semua file image ato properti untuk background disimpan di lokasi yang sama dengan index.php atau index.html-nya. Kalo disimpan di lokasi lain, misalnya di folder “images” maka di index.php/index.html-nya di bagian link ke image-nya musti ditulis direktori tempat file tsb disimpan. Contoh :
    img src=”images/gambar.jpg”/img
    Selamat mencoba!

    Reply
  21. wow…ternyata kita punya masalah yang sama…nich..
    btw..sekarang dah sampe mana nich proyek website nya..
    sama saya juga masih bingung nich buat web.. sebenernya sih ga butuh2 amat punya web.. tapi penasaran ajah dech kaya nya,.. kalo ga bisa bikin web.. kaya ada yang nantangin ajah giru.hehhehe..

    sukses yach buat kamu…

    Reply
  22. joseph

     /  December 26, 2008

    mo punya web sendiri disini tempatnya…
    script paling murah.. plus panduan lengkap
    http://www.m4rnos.com

    Reply
  23. indra

     /  January 3, 2009

    saya baca pengalaman ega tentang dreamweaver sama seperti saya cuma saya dasar kompnya malah minim agimana sih caranya supaya gbr nya nongol karna saya lagi belajar buat webside, yang tampil tulisannya
    aja header dan gbr lainya tidak tampil, katanya kuncinya di background, nah buat backgroundnya agimana kasih caranya tq sebelumnya

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

