Mengganti Bunyi Start dan Shutdown pada Windows


Bosan sama bunyi start atau shutdown di Windows yang gitu-gitu aja? Hmm, saatnya Anda berekspresi! Ganti dong dengan ‘nada’ Anda sendiri…caranya gampang banget kok. Kalo Anda pake Windows dan suka iseng ngubek-ubek isi direktori WINDOWS yang ada di C:/, pasti sudah familiar sama folder berjudul “Media”. Buat yang belum pernah buka, coba deh dibuka…Yup, di sinilah kita akan menemukan sebuah file dengan nama “Windows XP Start.wav” dan “Windows XP Shutdown.wav”.
1.png

Nah, seperti mengganti file biasa, kita bisa menyimpan file musik lain yang ingin kita jadikan bunyi Start atau Shutdown baru dengan memberi nama yang sama persis lalu kita letakkan di folder tersebut (Replace). Tapi sebaiknya file aslinya simpan dulu di tempat lain, jangan langsung dihapus.
Sekarang kita beralih ke sebuah software untuk mengedit musik, contohnya saya memakai Blaze Media Pro. Langkah pertama adalah memilih menu untuk mengkonversi type file, dai mp3 atau lainnya ke wav. Di program ini, pilih “Convert Audio”, lalu pilih “Convert to WAV”. Setelah itu akan muncul tampilan “Convert to WAV”. Klik icon paling kiri untuk memasukkan file yang akan dikonversi. Pilih frekuensi, channel, dan jumlah bit yang Anda inginkan (saya tidak tahu yang tepat bagaimana). Lalu, tinggal klik icon “Decode” di bagian paling kanan. Kemudian simpan hasil konversi.
01.png
2.png

Langkah selanjutnya adalah mengedit file musik hasil konversi agar durasinya pas dengan proses Start atau Shutdown komputer yang sesungguhnya. Seperti yang kita tahu, bunyi tersebut hanya sebentar sekali, yaitu empat detik untuk bunyi Start dan tiga detik untuk Shutdown. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar memilih bagian yang paling tepat dari musik kita. Cara paling mudah adalah dengan mengamati detik mulai dan selesai bagian yang akan kita ambil, lalu kita potong di bagian tersebut.

3.png

Misalnya, kita ingin mengambil bagian “Allahuakbar” dari lagu SurgaMu-nya Ungu. Perhatikan baik-baik pada menit dan detik ke berapa bagian itu mulai dan berakhir. Lalu kita tandai kotak ‘Select’ di kanan bawah, masukkan bilangan detik bagian yang akan kita hapus atau potong. Jika kita menggunakan metode “hapus yang tidak dipakai” maka pilih bagian yang tidak dipakai kemudian klik icon “Delete Selection”. Cobalah memainkan bagian yang kita seleksi dengan icon play (tanda panah hijau).

Jika kita sudah mendapatkan bagian yang diinginkan, tinggal simpan file editan kita tadi dengan nama “Windows XP Shutdown.wav” atau “Windows XP Startup.wav” di direktori C:/WINDOWS/Media. Sebaliknya, jika Anda ingin mengambil langsung bagian yang diinginkan, tinggal Cut dan Paste, kemudian simpan potongan file tersebut dengan cara yang sama.
5.png

Selamat mencoba!

Leave a comment

6 Comments

  1. jadi inget temen gw ganti bunyi file klo diselect munculnya lagu warkop.

    huahahahaha

    Reply
  2. @ramdaffe: Haha…jangan bilang “temen loe” itu anak IF! Anak IF keknya kan pada warkopmania gitu..liat aja pas Mukrab ;D

    Reply
  3. sering-sering nulis tutorial seperti ini

    Reply
  4. Wah, patut dicoba nih.

    kayaknya enak kalo diganti sama suara ketawa nenek lampir.

    Reply
  5. aplikasi konverternya aku gak punya mbak…? jdi bagai mana dunk bisa download gak. klo bisa tlong kirimi alamt situs tempt download aplikasi itu doang….?? please!

    Reply
  6. wah boleh dicoba nih kompor di rumah eh komputer dgn bunyi kuntilanak…. iy…. seyem……😀

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: