Oleh-oleh dari Pagelaran Seni Budaya ITB 2007


Oke para pemirsa “Jalan-jalan,Rek” semuanya, kali ini kita akan pergi ke tempat yang sudah sangat terkenal se-Indonesia raya, yaitu…eng-ing-eng…yak, tak lain tak bukan adalah…I T B, Institut Teknologi Bandung, bukan Institut Tempatnya Bermain maupun Institut Tekanan Batin. **Huu..penonton langsung kecewa**

Hari ini, tanggal 22 Desember 2007, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah kampus ITB berdiri dan mbah Ganesha duduk, ada Pagelaran Seni Budaya. Menurut pendapat saya sebagai seseorang yang bernilai seni tinggi (halah), acara semacam ini penting banget buat meningkatkan kecintaan kita terhadap kekayaan budaya tanah air yang kini mulai dikhianati oleh *sssttt* negeri sebelah itu tuh(^.~’). Bayangkan, dalam satu hari, cukup di satu tempat saja, kampus ITB, Anda bisa memperluas wawasan khasanah budaya negeri kita sembari melepas penat.

Luthfi yang dari Jepang aja bela-belain dateng…
Di tengah lautan perahu kertas [Pameran Kebendaan di CC]
Di stand-stand komunitas daerah dipamerkan berbagai benda kerajinan, kesenian, cerita dan foto-foto daerahnya masing-masing. Di panggung, Anda bisa menyaksikan penampilan-penampilan spektakuler dari anak-anak unit kebudayaan ITB dan seniman-seniman dari berbagai instansi di Bandung serta luar Bandung. Mereka menari, memainkan alat musik tradisional, menyanyikan lagu daerah, beratraksi, dan bermain akting. Seharian di sana, walaupun berdiri, tidak akan terasa lelah karena kesenian dari tiap daerah memiliki keunikan yang berbeda-beda. Lalu, jika Anda lapar, ada stand-stand Wisata Kuliner yang bisa dicoba. Judulnya memang “wisata”, tapi di sini tetap berlaku hukum jual-beli. Hehehe…Belum puas dengan itu? Ada juga Pameran Kebendaan yang memajang benda-benda khas dari berbagai daerah seperti senjata, topeng, kain, miniatur perahu, kostum tarian, busana daerah, alat membatik, dan lain-lain. Petak Bocah, arena perlombaan dan permainan untuk anak-anak usia balita sampai SD, juga tidak kalah menarik dan lumayan menghibur.

Ini dia foto-foto hasil jepretan saya di PSB ITB 2007 :
lampung1Kalimantan TimurLampung2
[Foto-foto pakaian adat]

paling lucu versi sayapaling lucu versi saya (lagi)
[Salah satu acara di Petak Bocah : Lomba membentuk Tanah Liat.]

Miniatur perahu KaltengTopeng Lombokbs3.png
[Benda-benda yang dipamerkan di Pameran Kebendaan]

Karena PSB, saya jadi bisa ngerasain makanan khas Papua, papeda. Hmm…yummy juga lho ternyata! Hampir mirip sama nasi. Kapan lagi coba bisa ngerasain papeda? Kesimpulannya, rugi deh buat Anda yang nggak dateng ke sini…Makanya, kalau tahun depan ada lagi, jangan sampai melewatkannya ya (^,^’).

Leave a comment

6 Comments

  1. Qie_maLi

     /  December 23, 2007

    PSB ITB … 5 huruf adjeeh :
    K E R E N !!! :p

    ada yg bilang kalo dateng ke PSB ITB tuh BUang2 waktu ama Tenaga Doank
    Kateh Siapeeh…??
    Rugi BangeT tuh org2 heheheh

    sajian budayanya mantep abiss..kerasa banged spirit dr tiap2 daerah
    Unit Kesenian Minangkabau dgn melodi talempong yg fantastis,
    Reog Ponorogo yg sakral abiiees,
    amPe anak Lingkar seni sunda yg konyol pisann
    heueuh
    =D

    Reply
  2. Liat aku nari tak pas Unit Kesenian Minangkabau nampil? Hehe…

    Reply
  3. hendra

     /  January 26, 2008

    Asallammualaikum.wr.wb
    hello….
    apa kabar….?
    “aku sangat kagum dengan isi situsmu lo”
    oia boleh kenalan ga….?

    Reply
  4. eh ini gw cari pakaian adat sunda malah dapat yang narsis-narsis.

    Reply
  5. ngurah pepenk

     /  November 9, 2012

    keren cuy

    Pepenk STIKOM Bali

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: