Wisata Kuliner Liburan II: Bakso Kota Cak Man


Hari kedua pulang kampung (baca: pulang ke rumah) kemarin, saya malah diajak ibu saya “pulang kampung” beneran ke kota kelahiran saya. Wah, jarang-jarang nih ada kesempatan kaya gini sejak nggak tinggal bareng orang tua. Saya langsung kepikiran banyak rencana main ke sini dan ke situ, menyapa sudut-sudut kota Jombang sudah lama saya tinggalkan…cailah. Sayangnya, rencana itu tinggal rencana. Karena berangkatnya kesiangan, akhirnya saya cuma main-main sama ponakan saya yang lucu-lucu dan bakat artis semua. Hihi.

Untunglah walaupun gagal bernostalgila eh, nostalgia…saya cukup senang karena sempat nyicipin Bakso Kota Cak Man yang enak tenan. Bakso ini sebenarnya bakso khas Malang yang udah sering saya santap, cuma cara penyajiannya aja agak beda. Komponen-komponen pelengkap penthol seperti siomay kering, gorengan, mie, lontong, dan sebagainya disajikan secara prasmanan alias boleh ambil sendiri sesuka kita. Pas liat variannya ada banyak banget, pasti kalap deh pengen nyoba semua. Asal kira-kira aja sama kondisi kantong, kalo nggak bisa-bisa tekor. Harganya nggak mahal sih, masing-masing item cuma Rp 500,00, tapi berhubung macamnya banyak tadi, kalo ngambilnya banyak-banyak ya bisa jadi kerasa ‘mahal’, terus perut kita juga mungkin aja nggak cukup buat nampung semuanya. Hehe. Inget, belum ditambah sama pentholnya lho. Pentholnya sendiri ada empat macam, yaitu penthol kasar, penthol halus, penthol puyuh, dan penthol keju. Semuanya kecuali penthol puyuh dihargai Rp 1000,00. Penthol-penthol ini bakal diambilin sama mas dan mbak pelayan. Kita tinggal bilang mau yang mana dan berapa banyak.


Racikan pilihan saya standar-standar aja tapi cukup mengenyangkan. Saya pilih semua komponen pelengkap yang belum pernah saya makan, misalnya gorengan gulung, bakso goreng bentuk kembang, dan gorengan bulat. Pentholnya saya coba semua. Ditambah mie dan lontong, total bakso yang saya makan Rp 7000,00. Yeah, agak greedy memang, tapi setimpal lah dengan rasa dan kenyangnya😛 Hehe.

Sekilas, tidak ada yang menarik dari ruangan Bakso Kota ini selain deretan wadah-wadah stainless steel besar tempat gorengan-gorengan tadi ditata. Tapi jika Anda jeli, begitu memasuki ruangan yang konon selalu dipadati pelanggan itu, Anda akan melihat sebuah banner penuh foto bertuliskan “Rekor MURI Bakso Terbesar diameter 1,65 meter”. Ow ow, rupanya Cak Man dan timnya, pemilik Bakso Kota, pernah menggoreskan prestasi di Museum Rekor Indonesia dengan bakso super besarnya, bayangin donk, diameternya 1,65 meter. Uuy…keren juga Cak Man ini.

Nah, kalo Anda berkesempatan ke Jombang, jangan lupa mengunjungi Bakso Kota Cak Man ini. Salam wisata kuliner!🙂

Previous Post
Leave a comment

12 Comments

  1. Pertamax…!!

    Wah, Bakso Kota Cak Man tuh enak di tempat aslinya di Malang sono (3 tahun hidup di malang, :mrgreen:). Di Bandung kan juga ada Bakso Kota Cak Man, tapi rasanya lebih enak yang di Malang, sing asli sing paling uenak lah, hehehe…

    Reply
  2. Hi3… aq malah pnah nyobain pentol isi keju, isi coklat, isi mente, isi leci
    try this…
    http://restya.wordpress.com/cerita2-ke-malang-an/

    Reply
  3. nuRr..

     /  July 6, 2008

    egaa..
    di dipati ukur di kota bandung kan juga ada😛

    Reply
  4. Dan tunggu Tour De Java III TLD07…😀

    Reply
  5. @Angga -> Iyo,iyo, mas…percaya deh sing asli paling enak. Awas aja kalo kapan2 aku ke Malang ga kamu traktir bakso kota yang di sana😛
    @restya -> Wah, nggak tertarik je..ngebayangin rasanya aja udah aneh kalo isinya kaya isi roti gitu. Manis2 kok dicampur gurih2. Hehe.
    @nuRr.. -> Gw ga tahu(-_-‘)
    @YoHang 07 -> Ojo lali mampir ning bakso kotane Cak Man🙂

    Reply
  6. 🙂 wah lilis jadi pengen nyobain tapi sayangnya t4nya jauh bgt dari t4 lilis🙂

    Reply
  7. @ YH
    Tour D Java kpn?

    Reply
  8. Muhammad Taufiq

     /  October 31, 2008

    Bakso Cak Man? Mmmhhh… saya pernah mencobanya …
    Tapi paling enak bakso Pak …
    yang deket makam itu lho …(Sengon lurus ke utara)
    Salam kenal,

    Reply
  9. enak juga bakso mekar sari di deket persada swalayan di gang tahu campur, masuk aja notok sebelah masi goreng pas. try this🙂

    Reply
  10. dwi

     /  January 25, 2009

    cak man tunggu aku yooooo!!!!!!!!!!!!!!
    aku arep muleh

    Reply
  11. dwi

     /  January 25, 2009

    dtang jauh dari balikpapan pingine mangan seng enak-2,tapi mungkin wetenge seng ra cukup. karo pengen sego kikil mojosongo seng buka bengi, enak

    Reply
  12. MV7vhV comment6 ,

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

