Jangan Mau Mati Muda


Si A: “Uwaah…akhirnya! Tinggal empat hari lagi kita kuliah!”
Si B: “Hmm…”
Si A: “Yah, kok nggak seneng sih? Seneng donk!!!”
Si B: “Iya tinggal 5 hari sih..tapi tugas masih banyak banget nih, musti dikumpulin minggu ini, pusing gw!”
Si A: “Ya elah, tugas mah emang nggak pernah berhenti, lagi. Nggak usah dibikin stres lah.”
Si B: “Tetep aja…”
Si A: “Gue ama temen-temen gw aja tuh kalo lagi ngerjain tugas ya, ditinggal nonton dulu, jalan-jalan dulu, trus ntar ngerjain tugas lagi. Gitu.”
Si B: “Hah, masa sih? gue nggak bisa loh, pasti ngerasa bersalah deh kalo tugas belum selesai udah hura-hura”
Si A: “Hehe, eh lo tau nggak, dosen gue ernah nanya tuh di kelas gue kaya gini:
‘Katanya anak ITB itu banyak yang mati muda. Kalian tahu nggak kenapa? Makanya kalo dikasih tugas jangan dianggap beban banget deh, rugi saya kalo ngajar kalian tapi kalian mati muda. Jangan ya’ Gitu coba..haha”
Si C: “Ih, kurang ajar”
Si A: “Loh, ya gimana nggak mau mati muda orang dari umur segini aja udah ‘disiksa’ kita”
Si B: “Hya, disiksa.iya juga ya”
Si A: “Ada yang lebih parah lagi, kan dulu di kelas gue ada akhwat yang jilbabnya gede gitu, dia protes nilai ujian ke dosen fisika gue terus dosennya bilang: ‘Udah, itu juga kamu udah dapet B’ tapi anak itu tetap ngotot aja terus tahu nggak dosennya bilang, ‘Udah sana, kamu dugem aja sama teman-temanmu’. Haha, parah banget…”
Si B: “Haha, oh maksudnya biar dia agak seneng-seneng gitu ya…”
Si A: “Iya”

Hal yang perlu saya garis bawahi di atas adalah stereotip bahwa anak ITB banyak yang mati muda karena stres dengan tugas-tugasnya. Ow ow, Anda yang merasa anak ITB, waspadalah, waspadalah😛 Kalo saya boleh jujur, dari pengalaman saya selama ini, saya memang sering mendengar orang-orang di sekitar saya mengeluh tentang rutinitas kuliah lah, tugas-tugas perkuliahan lah, praktikum setiap hari lah, dan sebagainya. Yeah, tidak dipungkiri bahwa keluhan-keluhan itu juga kadangkala keluar dari mulut saya sendiri. Baru satu semester belakangan ini, saya mulai mencoba keluar dari pesimisme (ini benar nggak sih istilahnya) tersebut. Awalnya karena mulai takut dinilai tidak ikhlas sama Tuhan, tapi setelah mendengar percakapan di atas, satu alasan lagi buat saya untuk tidak mengeluh: Nggak mau mati muda. Hehehe.

Benar juga kalo saya pikir-pikir dan rasa-rasa, tidak seharusnya kita mengeluh karena banyaknya amanah yang kita pikul. Justru di sanalah Tuhan membuat kita menjadi orang yang produktif dan terjauh dari kesia-siaan. Iya nggak? Bayangin aja kalo kita nggak pernah dikasih tugas. Cuma kuliah aja terus ujian, akhir minggu nggak ada kerjaan…paling-paling kita jalan-jalan ke mall, main bilyar, dugem, wisata kuliner, dan hal-hal-butuh-modal-duit-lainnya. Hayo, bener kagak? Saya pernah dengar cerita dari kakak angkatan, dulu aja pas zamannya ada kaderisasi (baca: OSPEK) setiap minggu di fakultas, banyak mahasiswa yang suka hura-hura, hedon-hedon, jalan-jalan nggak jelas jadi tertarik untuk ikut kaderisasi, nah giliran udah nggak ada kaderisasi di akhir minggu lagi, jadi banyak yang kembali lagi kepada aktivitas-kurang-pentingnya itu. Hmm…iya kali ye…wallahu’alam.

*Pukul 22.17, Laboratorium Dasar 3 Informatika ITB*
*ditulis saat sedang dikejar deadline tugas sistem operasi dan jaringan komputer*

Leave a comment

9 Comments

  1. semangat loh buat OS nya😀

    Reply
  2. bintang

     /  September 25, 2008

    kl saya, mati gara2 uts menjelang libur lebaran T_T

    Reply
  3. bintang

     /  September 25, 2008

    kl saya, mati gara2 uts sistem kendali menjelang libur lebaran T_T

    Reply
  4. Hmm,.
    Kayaknya ditulis dalam kejaran deadLine ya,.😀

    Reply
  5. Sempet-sempetnya…

    Reply
  6. yow..mari menubes dengan ceria🙂
    sebenernya ga masalah siy… tapi tahun ini jadi ada Lailatul Coder…hiks

    Reply
  7. Tips(dikutip dari seorang rekan): “kalo ngerjain tugas mendingan menjelang deadline, soalnya kalo gak menjelang deadline pun selesainya menjelang deadline, jadi waktu kosongnya malah gak ada…”

    Tips yang baik bukan😛

    baidewei, salam kenal, takut2 belum kenal (saya IF’04)

    Reply
  8. azacky

     /  October 13, 2008

    kalo bisa besok kenapa dikerjain hari ini?
    kalo hari ini bisa nongkrong sepuasnya kenapa di pake ngerjain tugas?
    hayo ?
    enjoy our life !!!

    Reply
  1. Petra’s Blog » Blog Archive » Tugas kuliah Sistem Operasi selanjutnya…..

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

