Meratapi Resolusi 2008


.ditulis di jam ke 8780 tahun 2008.

Baru tiga bulan ini resolusi 2008 saya pasang lagi di lemari saya. Saya shock waktu saya nemu kertasnya…astaghfirullah, bisa-bisanya saya lupa kalo ternyata saya pernah nulis itu. Saya jadi teringat pikiran masa kecil saya (ehm, sekarang nggak lagi kok :D), tiap kali ada rencana perubahan diri yang gagal, saya selalu berpikir “ah,masih ada ulang tahun kok” atau kalo tahun baru Islam belum sampai, “ah masih ada tahun baru Islam kok”, begitu pun kalo ada rencana perubahan diri yang sepertinya sulit saya capai, saya menunda untuk memulainya sampai momentum yang tepat datang lagi. Entah itu ulang tahun, tahun baru Islam, atau tahun ajaran baru. Hahaha. Nah, balik lagi ke resolusi 2008 saya tadi, saya pikir lebih baik evaluasinya ditulis di blog ini saja karena selain ada kontrol sosial dari yang baca, saya juga udah jarang nulis di buku harian…

Resolusi #1

Belajar tiga kali sehari (sebelum-saat-setelah kuliah) biar nggak keteteran saat ujian

Hasil: Belajar cuma pas lagi kuliah di kelas aja. Mengerjakan tugas dari dosen atau asisten lumayan membantu untuk memahami perkuliahan tapi banyak juga yang nggak ada hubungannya sama kuliah. Sistem kebut belajar saat ujian juga masih saya jalani dengan indahnya…

Rencana: Menjadikan resolusi ini sebagai salah satu resolusi saya lagi di tahun 2009

Resolusi #2

Kalo ada tugas langsung dikerjain, jangan jadi deadliners, please!(beneran lho ada kata “please”-nya…hehe)

Hasil: Iklim di tempat saya menuntut ilmu ternyata tidak mendukung. Well, saya tidak menyalahkan lingkungan saya tapi saya mengakui bahwa lingkungan berpengaruh besar pada saya. Lingkungan bukan hanya teman-teman saya saja, namun juga siklus kuliah kami yang memaksa kami jadi deadliners. Tugas saya sering datang borongan. Waktu lagi nggak ada tugas, beneran sepi tugas. Tapi giliran lagi ada tugas, pasti nggak cuma satu tugas deh…alhasil, waktu yang kami miliki harus dibagi-bagi untuk mengerjakan tugas ini dan itu. Selain itu, benar apa yang pernah dikatakan senior saya, “mending jadi deadliners karena ngerjain tugas jauh-jauh hari dari deadline pun selesainya akan dekat deadline juga, malah nggak ada waktu buat santai”, apalagi untuk orang-orang yang perfeksionis seperti saya…kalo belum deadline, pasti masih ada aja yang pengen ditambahkan untuk menyempurnakan tugas. Satu hal yang saya pahami sekarang adalah jangan banyak membandingkan pekerjaan kita dengan pekerjaan orang lain karena akan semakin memperlama selesainya tugas dan menambah kepanikan kita. Hehe.

Rencana: Sama seperti rencana untuk resolusi #1

Resolusi #3

Punya penghasilan

Hasil: Alhamdulillah tercapai. Terima kasih untuk LPP Salman atas Saintika-nya (hiks, nggak bisa ikut lagi), IT Support Comlabs yang sekarang nggak dipegang anak ARC lagi, proyek himpunan yang melelahkan dan lama selesainya (piss ah…), dan situs FTSL.

Rencana: Meningkatkan penghasilan dari sektor-sektor yang dapat mendatangkan pemasukan besar dalam sekali ‘jalan’. Misalnya, menang Imagine Cup. Haha. Amin, amin…doain ya!

Resolusi #4

Hari Minggu nggak peduli sesibuk apa pun, sempatkan baca buku non-akademik

Hasil: Hari-hari Minggu saya seringkali dihabiskan oleh tugas. Termasuk malam Minggu. No comment deh.

Rencana: Target baca dibuat per bulan saja

Resolusi #5

Cari aktivitas sosial di luar kampus

Hasil: Belum terlaksana. Kegiatan main ke Wiyata Guna yang dulu sempat saya jalani malah nggak saya lanjutin lagi di tahun ini gara-gara kesibukan. Resolusi ini saya tulis karena saat itu saya terinspirasi senior saya yang ikutan tim tanggap bencana di luar kampus gitu. Kayanya kok seru bisa bekerja dalam tim yang anggotanya campuran dari mana-mana, nggak cuma sekampus aja dan pasti umurnya beda-beda.

Rencana: Sama seperti rencana untuk resolusi #1

Resolusi #6

Berkontribusi untuk keselamatan lingkungan

Hasil: Lumayan tercapai. Sudah bisa membiasakan diri untuk menolak tas kresek kalo belanjaan masih bisa dimasukkan ke tas. Sayang, sepeda saya yang udah dikirim dari rumah jarang saya pakai karena saya sering buru-buru kalo berangkat jadi selalu tergoda untuk naik motor saja. Haha.

Rencana: Sering-sering naik sepeda dan mulai menanam pohon

Resolusi #7

Nulis tutorial minimal satu bulan sekali

Hasil: Liat saja blog saya ini. Menyedihkan sekali bukan? Isinya kebanyakan cerita-cerita sehari-hari aja.
Rencana: Nggak akan menarget seperti itu lagi. Saya sadar menulis di blog tidak bisa dipaksakan.

Resolusi #8

Olahraga donk! Care sama kesehatan!

Hasil: Jarang bisa olahraga rutin di asrama. Tapi tahun ini saya sedikit lebih sportif karena mulai ikutan main futsal atau basket bareng sama teman-teman himpunan saya. Hore!

Rencana: Tahun depan harus lebih sportif lagi dan menang di Olimpiade KM. Huehehe.

Resolusi #9

Beli buah setiap Minggu

Hasil: Nggak teratur tiap Minggu. Budget nggak jelas.
Rencana: Tiap hari harus makan buah

Resolusi #10

Nggak ada komentar “jutek” lagi

Hasil: Waduh yang ini belum tahu…Gimana teman-teman? Ada yang mau berkomentar? Hihihi

Rencana: Sama seperti rencana untuk resolusi #1

Saya baru nyadar, kok nggak ada yang bertema “religius” ya? Tanya kenapa…
Selamat menyongsong tahun baru! Selamat membulatkan tekad untuk memperbaiki diri!

Leave a comment

13 Comments

  1. Hmmmm.. Tampaknya yang terakhir masih gagal Ga. Habis nya tiap du buli2 dikit langsung pasang tampang jutek, hehehehe

    Olahraga!?!?! Serius lo Ga? Maen catur aja, lumayan kan.wakakakaka

    Reply
  2. Hmm,.
    Kayaknya yang ke-10 masih perlu dipertanyakan,.😀

    Reply
  3. bintang

     /  January 1, 2009

    hmmm kl pas liburan gini nulis blog masi bisa dipaksain soalnya saingannya tu nonton dorama ama maen FM =p

    Reply
  4. huhuhu….

    sama….. resolusi gak ada yang kesampaian…

    Reply
  5. ghe2

     /  January 1, 2009

    Tambah 1 lagi,ga..
    Cari duit buat arka,hohoho:mrgreen:

    Reply
  6. TitzZz

     /  January 1, 2009

    Yang terakhir ga mungkin ga😀 piss ah…

    #2 -> ga mungkin ga…
    mendingan minta bapaknya, “pak kalo ngasi tugas deadlinenya 3 hari aja, toh sebulan juga dibabatnya 3 hari terakhir”😀

    Reply
  7. @ Rocker_BEriman -> yee…abis dibuli-buli sih, gimana nggak jutek😛
    Eh, emang lu beriman, Pan? huehehe
    @ dwinanto -> lha memang saya masih mempertanyakan kok…
    @ bintang -> ini apa sih? bintang, kalo kasih komentar yang nyambung dunk -_-
    @ petra -> udah, Pet, saatnya menatap masa depan😀
    @ ghe2 -> wah itu nggak masuk resolusi kali, Ge…hehe
    @ Titzz -> ah ini kan…Titz jelek😛 haha tapi gw ga setuju sama usul lo, justru itu 27 harinya kan masih bisa buat tidur-tidur, cari master, jalan-jalan…

    Reply
  8. Resolusi 2009 : 800 x 600 aja, soale minusnya nambah..😀

    Reply
  9. kzcl

     /  January 2, 2009

    “Kalo ada tugas langsung dikerjain, jangan jadi deadliners, please!(beneran lho ada kata “please”-nya…hehe)”

    Ngga mungkin skali… Memaang anak IF tabiatnya uda bgitu… hehe… Gw juga sempet niat kayak gitu tpi apadaya… Ga bisa niat klo blm deket deadline… :p

    “Nggak ada komentar “jutek” lagi”
    No comment… hehe…

    Reply
  10. wew… di malam tahun baru pun dikau tetep jutek -_-
    ayo, Ga… jangan jutek biar ga sakit maag😛

    Reply
  11. @ restya : wah ketahuan malam tahun baru berduaan..

    resolusinya ga realistis ah😛
    as if u could be at two different places at the same time

    *asik ngasi komentar jutek*

    btw come visit my “new” blog..

    Reply
  12. merespon yg nomor 3,,,

    kLihatannya blog mba’ ini punya PR yg bagus…

    n’ kayaknya bsa pasang iklan.

    kata tmn klo PR blog-nya dah 3 bisa pasang banner dari pihak

    tertentu,trus pihak itu memberi kita duit sebagai kompensasi pasang banner. teman sy itu dah dapat $30 per bln di perfect money(lumayan)

    dia di blog kita.

    Tpi kLo mba’ orngnya perfeksionis, klihatannya susah memsang banner

    yg klihatannya bakalan mengotori tampilan blog mba’.

    Reply
  1. Suatu Sore di Wyata Guna « cReAtiVegA’s dayEri…

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

