Cadar Buat Pengendara Motor


masker1Di Bandung, kota yang kadar polusinya tergolong luar biasa, saya heran kenapa sedikit pengendara motor yang menggunakan penutup hidung saat beraksi di jalanan. Padahal dulu ketika saya tinggal di Jogja, kota dengan kadar polusi yang jauh lebih rendah dari Bandung, pengendara motor dengan slayer (bener nggak ya tulisannya :P) terikat di kepala merupakan pemandangan yang sangat biasa, bahkan aneh kalo lihat ada yang membiarkan hidungnya ‘telanjang’, nggak ditutup slayer atau masker. Sungguh fakta yang cukup ironis bagi Bandung. Saya kurang tahu apakah ini soal kebiasaan saja atau memang jumlah masyarakat Jogja yang memiliki kesadaran pentingnya menjaga diri dari polusi lebih banyak daripada masyarakat serupa di Bandung. Hehe. Apapun itu, yang jelas saya jadi gatel pengen membahas soal si pelindung polusi ini. Oya, semoga Anda tidak merasa tertipu kan dengan kata “cadar” pada judul😀

Sebuah SD yang berlokasi di jalan yang termasuk padat di Bandung konon pernah menjadi objek penelitian. Saya lupa bagaimana prosedurnya, dosen kesehatan lingkungan saya yang cerita, dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa IQ rata-rata murid SD tersebut menurun. Penurunan ini disinyalir karena efek timbal (Pb) yang disumbangkan gas kendaraan bermotor yang berseliweran di depan sekolah mereka setiap harinya. Seperti yang kita tahu, timbal dan karbonmonoksida (CO) dapat mengganggu pengikatan oksigen oleh hemoglobin (Hb) pada sel darah merah sehingga mengakibatkan kecerdasan dan kemampuan refelek tubuh menurun. Gawat betul. Bagaimana di Jakarta yang ditempatkan sebagai kota berkadar polutan/partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City ya? hati-hati kalian wahai warga Jakarta! Sayangnya di Indonesia belum ada hukum yang tegas untuk melarang peredaran BBM yang masih mengandung timbal.

Fakta lain, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan polusi udara perkotaan telah memberi kontribusi bagi 800.000 kematian setiap tahunnya. Penyakit yang ditimbulkan oleh polusi udara kebanyakan berhubungan dengan saluran pernapasan. Jika kita buat daftarnya, wah tak terhitung banyaknya. Yang umum terjadi adalah gangguan pernafasan dan infeksi saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) misalnya, sering timbul akibat polusi udara yang terhirup dalam jangka panjang tanpa disadari atau akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Gejalanya bisa dikenali dengan keluhan flu, batuk, suhu tubuh lebih dari 38,5 derajat celsius, serta sakit pada tenggorokan. Jika didiamkan, ISPA bisa berakibat fatal seperti penyakit paru obstruktif kronis gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin, kanker, hingga kematian. Mirip-mirip sih sama iklan rokok…

Jantung, sebagai pembunuh nomor 1 di dunia, juga bisa kena gangguan dengan meningkatnya denyut jantung akibat gas CO. Nggak cuma Pb dan CO saja, bahan kimia pencemar udara yang bersumber dari asap kendaraan bermotor dan industri/pabrik ada sulfur dioksida (SO), nitrogen dioksida (NO), klorin, oksidan, hidrokarbon, partikulat debu, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, saya mengajak kepada teman-teman semua, baik yang naik motor atau mobil terbuka…

Pakailah masker ajaib penutup hidung dan mulut! Bisa Anda dapatkan di toko-toko perlengkapan motor terdekat atau datang saja ke dealer langganan Anda. Murah, nggak sampai seratus ribu kok harganya. Saya pakai lho😀

Nggak harus beli masker juga sih, pake slayer ato kerudung saputangan juga bisa, tapi biar keren aja, gunakan barang sesuai fungsinya. Hehe. Intinya sih, jangan biarkan udara jalanan masuk ke hidung kita tanpa filter. Trust me, it’s a horrible thing! Gunakan masker seperti layaknya Anda memakai helm karena dua-duanya sama pentingnya.

Polusi udara juga ancaman bagi kaum wanita karena emisi hidrokarbon bisa menyebabkan kulit mulus terkena iritasi, bercak, bahkan kanker kulit. Untuk mengatasinya, masker penutup hidung saja tentu tak cukup. Dibutuhkan pula maskeran rutin setiap minggu/bulan. Hehe…selamat berperang melawan polusi!

Leave a comment

4 Comments

  1. Ki no Bakemono

     /  July 26, 2009

    separah-parahnya polusi di bandung tetep aja ITB ngehasilin sarjana-sarjana gape kok…😛

    orang jadi sakit bukan karena lingkungan yang buruk, tapi karena dia berpikir kalau dia akan sakit di lingkungan sedemikian…

    ^
    ^
    pengalaman empiris

    Reply
  2. ogy

     /  December 17, 2009

    mbak gw suka bgd dengan cara mbak.mbak boleh gabung?????????????mbak aku bolek minta voto nya yang baru lg? yang pakai masker,lok bisa saputangan mbak????hehehe

    Reply
  3. hari

     /  August 1, 2010

    saya setuju dngan apa yg mbk cerutakan. tp klo bole minta poto mbk yg pake saputangan pa slayer donk…hehhehe

    Reply
  4. adi jogja

     /  September 13, 2010

    kalo boleh tak minta mbak masker nya… yang mbak pke di foto tu lho…

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: