Nigella Sativa Setiap Hari


habbatussaudaSudah seminggu ini saya sakit flu. Tidak seperti biasanya, kali ini sakitnya komplit dan bergantian. Hari pertama pilek, demam, sakit tenggorokan, dan pusing. Hari kedua tinggal pilek dan pusing. Hari ketiga, eh tambah lagi penyakitnya jadi pilek dan batuk sampai hari ini. Ugh…saya jadi bingung minum obatnya. Saya menyesal karena sering tidak disiplin minum vitamin, madu, dan susu seperti yang dianjurkan ibu jadi masih saja kena sakit. Satu anjuran ibu yang baru sebulan belakangan ini diberlakukan bagi saya dan akhirnya juga masih suka saya langgar tampaknya turut menyukseskan sakit saya: minum Habbatussauda’ tiap hari 😀

Mungkin sudah banyak orang tahu, membicarakan, dan bahkan mengonsumsinya secara teratur. Tapi fakta bahwa teman dekat saya terheran-heran saat saya bawa kapsul Habbatussauda’ ke kantor beberapa hari lalu cukup menjelaskan alasan mengapa saya perlu menulis tentang tumbuhan luar biasa ini. Hehe.

Habbatussauda’, yang punya nama latin Nigella Sativa, merupakan tanaman obat yang istimewa karena dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan tercatat dalam haditsnya:

“Tetaplah berobat dengan Habbatussauda’ karena sesungguhnya ia bisa mengobati semua penyakit, kecuali kematian.”(H.R.Bukhari dan Muslim)

Dalam bahasa Arab, Habbatussauda’ bermakna biji yang menyenangkan. Beruntunglah Nigella Sativa dijadikan oleh Allah sebagai makhluk yang istimewa seperti halnya lebah dengan madunya yang luar biasa dan bahkan diabadikan dalam Alquran.

Sayangnya, referensi tentang tumbuhan ini masih sedikit, berbagai tulisan yang saya temui tampaknya berasal dari sumber yang sama. Mungkin karena pengobatan alternatif melalui herbal baru digandrungi orang dewasa ini, padahal orang-orang di tanah Arab sudah mengenalnya lebih dari 2000 tahun yang lalu. Berikut ini khasiat dan kegunaan Habbatussauda’ yang berhasil saya himpun:

  1. Mengatasi berbagai macam penyakit, seperti rematik, asam urat, radang tenggorokan, batuk, flu, sakit gigi, nyeri sendi, migrain, eksim, alergi, TBC, diabetes, sesak nafas, asma, insomnia, stroke, wasir, darah tinggi, leukimia, anemia, gangguan jantung, gangguan ginjal, gangguan liver, gangguan lambung, kolesterol, kanker, stress, jerawat, bahkan AIDS, dan masih banyak lagi. Jika kita merujuk pada hadits Rasulullah di atas, insyaAllah semua penyakit bisa sembuh kecuali kematian. Tentu saja harus disertai keyakinan untuk sembuh.
  2. Melancarkan proses detoksifikasi atau penggelontoran racun dari dalam tubuh, ini yang bikin dia bisa ngatasin berbagai gangguan organ penting
  3. Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan karena meningkatkan peredaran darah ke otak, baik buat lansia biar untuk mengurangi kepikunan
  4. Merawat kulit alias bisa digunakan sebagai lulur. Ini Cleopatra lho yang make…wow
  5. Membantu meningkatkan produksi ASI. Wah, bagus nih buat ibu-ibu🙂
  6. Membantu penyembuhan alias membantu proses recovery dari sakit
  7. Membantu pertumbuhan balita dan anak-anak
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh
  9. Membangkitkan vitalitas
  10. Menstimulasi energi
  11. Mengatasi kelelahan

Lalu, kandungan apa yang membuat Nigella Sativa punya fungsi luar biasa itu? Berbagai penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa kandungan tumbuhan ini meliputi

  • asam linoleat (omega 3, omega 6, omega 9)
  • 15 macam asam amino, protein, karbohidrat
  • crude fiber
  • kandungan vitamin dan mineral (kalsium, potasium, besi, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E, dan niacin)
  • arginine (zat pertumbuhan)
  • setrol (sintesa hormon)
  • saponin (mempengaruhi pembentukan protein, karbohidrat, dan lemak)
  • minyak volatile (antibiotik)
  • nigellone (antihistamin)
  • thymoquinone (antiradang dan antinyeri)
  • interferon (antikanker)

dan lain-lain.
Wow, nggak heran kalo tumbuhan ini kecil-kecil cabe rawit.

Anda tertarik untuk mengonsumsinya juga? silakan buktikan sendiri. Teman sekamar saya minum terus sampe sekarang sejak jintan hitam ini berhasil menyembuhkan sakit perutnya yang seminggu nggak sembuh-sembuh, ayah saya minum terus sampai sekarang sejak Habbatussauda’ membuat beliau bisa menyantap makanan pedas lagi, adik saya disuruh minum terus sampe sekarang sejak dia sembuh dari sakit anehnya yang membuatnya cuti sebulan dari sekolah, saya juga mengalami perkembangan yang signifikan dalam upaya penyembuhan dari sakit flu. Saran saya, sesuaikan jenis produk yang akan Anda beli dengan kebutuhan, karena bentuknya bermacam-macam, ada yang berupa kapsul, minyak, atau serbuk.

Leave a comment

3 Comments

  1. saya juga minum sejak dianjurkan oleh seseorang, mantap jaya…😀

    Reply
  2. Black cumin seed is also called as Nigella Sativa. It was first discovered in Egypt. It was used to cure respiratory tract problems, irregular periods, headaches, liver, stomach problems, and skin problems. It have multi-vitamin, multi-mineral properties which aid healthy skin, lustrous hair and shining strong nails. It also cures mouth ulcerations, bad breath, cures pain from insect or animal bites etc.

    Reply
  3. Yes, habbatussauda is a miracle product. However, it needs more time to see the result. I know this product long long time ago, and after I read ur article, I like to start to consume habbatussauda again.😀

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: