[KI] Menelusuri Peneror di Facebook


Tugas KI kali ini masih berhubungan dengan Facebook (FB). Ceritanya, peserta kuliah pura-puranya sedang gencar diteror orang misterius lewat pesan (menu “Message”) di FB. Well, jujur saja jika cerita tersebut menimpa saya, saya mungkin tidak akan ambil pusing selama bahasa pengirim terbaca tidak masuk akal (sudah pasti spam) atau sekedar promosi. Saya sendiri pernah melakukan broadcasting ke banyak akun FB yang bukan teman saya untuk promosi usaha😀 Nah, agar lebih dramatis, kita gunakan asumsi dalam soal bahwa pesan tersebut “diterima berulang-ulang” atau “tidak bertanggung jawab”, artinya pesan-pesan itu sudah sebegitu mengganggunya sampai pemilik akun FB harus mencari tahu siapa orang misterius tersebut. Bagaimana caranya? Berikut pendapat saya…

Langkah #1

Menelusuri jati dirinya

Membuka profil pengirim adalah cara pertama yang saya pikirkan. Dari sana, minimal kita bisa mengetahui daftar temannya. Jika pengirim memang berniat jahat kepada korban-korbannya, dia pasti akan membatasi informasi profilnya untuk publik. Begitu pun di ruang publik dunia maya lainnya, pengirim pasti telah menutup rapat jati dirinya. Kita bisa mencoba mencari tahu dengan bantuan Google, tapi saya pikir cara ini menghabiskan waktu. Namun, jika ternyata profil FB pengirim jelas, masih ada aktivitas terbarunya, atau teman-temannya ketika ditelusuri profilnya adalah orang yang jelas dan meyakinkan, kita bisa melacak jati dirinya dengan menggunakan keyword-keyword dari hasil penelusuran untuk mencari identitasnya di internet. Salah satu web yang bisa membantu adalah http://whitepages.com, tapi minimal Anda harus tahu lokasi pengirim.

Langkah #2

Mencari IP sumber pengirim

Dari langkah pertama, bagaimana mengetahui lokasi pengirim? Kita bisa telusuri dari alamat IP pengirim. Saya tidak tahu apakah ada opsi untuk menonaktifkan notifikasi FB masuk ke email kita, tapi semoga saja tidak ya. Dari email-email FB, kita bisa cek IP pengirim lewat header email. Hampir semua webmail punya layanan ini kok. Di Yahoomail, seperti punya saya, klik saja menu “Full Header”, maka akan ditampilkan informasi seperti ini:

Bagaimana memahami informasi di atas? Baca tulisan saya tentang email di sini.

Cerita singkat dari gambar di atas adalah email dikirim melalui server FB, lihat X-Originating-IP: 69.63.178.172, ini dapat kita tahu dari http://www.ip-adress.com/whois/. IP pengirim sendiri mungkin tidak akan dapat kita temukan kecuali pengirim menyebarkan pesan terornya menggunakan bantuan mail client seperti Evolution, Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, dan sebagainya. Meskipun demikian, kita masih bisa mengetahui lokasi pengiriman dengan melihat alamat gateway yang menjadi jalur pengiriman email. Salin kode base64 dari bagian X-Facebook dan konversi di http://www.hcidata.info/base64.htm, contoh:

Selanjutnya, kita cari tahu dari hasil konversi di menu http://www.hcidata.info/host2ip.cgi. Hasilnya bisa bermacam-macam, tergantung jenis IP-nya publik atau tidak. Rata-rata penyedia layanan internet (ISP) hanya menyediakan satu IP publik untuk satu jaringan yang disediakan secara acak dari mereka.

Seperti halnya contoh di atas, mungkin kita hanya akan sampai ke alamat IP publiknya Speedy (ups..sebut merk). Untuk mengetahui lokasi IP, banyak sekali situs yang bisa digunakan. Saya pakai http://www.botsvsbrowsers.com/ip/, hasilnya sebagai berikut:
Geographic Information about 118.96.213.139:

Country: ID (Indonesia)
Region: 4
Latitude: -6.1744
Longitude: 106.8294

Langkah #3

Optional

Setelah mendapatkan lokasi, kita bisa melakukan pencarian identitas pengirim lagi, yang tentunya lebih spesifik. Langkah pertama dapat diulang dengan menyertakan lokasi asal pengirim.

Demikian pendapat saya…comments and other ideas are welcome😀

Leave a comment

7 Comments

  1. Aaaw!
    Benar2 IF banget…😆

    Reply
  2. LUWAR BIASA, PIE CARANE TADI?

    Reply
  3. tria

     /  July 24, 2012

    mba Ega tolong bantu saya donk ?
    di facebok itu lagi genjar peneroran pencemaran nama baik .
    dan saya ingin sekali mengetahui siapa dia .
    nama di facebook Aku Sang Funk Rock(sllu mncintai milla)
    nama lainnya Satria.FunkRock.Facebook.com
    mohon bantuannya ya mba ega .

    Reply
  4. rifky

     /  April 14, 2014

    bang saya message di fb

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: