Tempe Crispy Tanpa Tepung


Malam ini mau tak mau saya harus masak tempe karena masih ada ‘sebongkah’ tempe milik saya yang udah ngendon seminggu di kulkas (yaiks). Tenang, belum busuk kok😀 Nah, berhubung nggak ada bahan lain selain garam dan bawang-bawangan, saya pun cuma punya pilihan untuk menggorengnya. Sekalian mempraktekkan resep Umi, ibu-ibu yang masak di asrama saya, biar tempe bisa crispy tanpa tepung. Untungnya masih ada sambal kacang yang tinggal dilumatkan…udah enak banget kan tuh dimakan sama nasi dan tempe goreng. Jawa abisss!

Oke, langsung aja ke inti cerita. Jadi, ceritanya hampir tiap hari si Umi masak tempe goreng, tahu goreng, dan telur dadar. Menu itu memang paling cepat dibikinnya, jadi sangat membantu mereka yang mau masuk kuliah pagi dan pengen sarapan dulu…atau mereka yang lagi nggak selera sama menu “inti” hari itu. Nah, yang istimewa, saya perhatikan (dan rasakan) tempe gorengnya itu nggak kaya tempe goreng biasa. Kalo digigit gitu bisa “krius-krius” pinggirnya, bahkan walaupun sudah lama, misalnya sore atau malamnya, tetap saja masih “krius-krius”…padahal nggak pakai tepung lho. Saya pernah tanya, katanya resepnya itu gini…

tempe crispy tanpa tepung

“Cuma pake bawang putih kok, neng…”
“Hah, serius, Mi? kok bisa?”
“Iya, bawang putihnya dikeprok aja terus dicemplungin ke minyak”
“Hah, cuma dikeprok? nggak diirisin atau dihaluskan atau dicampur ke bumbu gitu?”
“Iya, gitu aja. Bumbunya sih cuma air garam.”
“Ooo gitu ya, kapan-kapan nyoba deh…”

Meskipun masih bertanya-tanya, misalnya kalo seandainya gitu doang pas bawang putihnya udah kering alias gosong apa masih ngefek, saya percaya sama Umi. Sayangnya, saya nggak pernah jodoh melihat proses penggorengannya dan belum sempat mencoba sampai beberapa bulan lamanya. Baru malam ini saya coba dan ternyata terbukti, gan! Beneran cuma dimemarkan aja bawang putihnya, masih bongkahan gitu juga nggak apa-apa, terus dimasukkan ke minyak gorengnya, masukkan tempenya…jadi deh! Selamat mencoba…

Leave a comment

7 Comments

  1. waaah, kudu dipraktekin nih kalo maen2 ke rumah ;))

    Reply
  2. hmmmm. boleh dicoba juga neh neng resepnya…🙂 salam kenal

    Reply
  3. huwaaa..
    kapan2 nyoba, ah😉

    Reply
  4. hana

     /  December 24, 2011

    iya ntar saya coba d rumah

    Reply
  5. bawangnya berapa siung buu ^_^ apa setiap goreng 1 bawang putih? dan nanti kalo udah gosong ganti lagi ???😀 terimakasih

    Reply
    • kalo saya biasanya bawang putih cukup satu siung saja sekali goreng.. iya kalo udah item banget boleh diganti, tapi saya kadang butuh 2x goreng sampe tempe habis dan pake bawang yg sama masih crispy

      Reply
  1. Alternatif Pengganti MSG « .:creativega:.

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

