Crunchy Error in jQuery-ing


Argh, lagi-lagi saya harus berputar-putar seharian di kode yang nggak ketahuan salahnya di mana T_T dan hari ini garing banget deh salahnya. Ceritanya, saya kan jarang memakai jQuery, tapi pengen gaya sekali-kali bikin menu menggunakan itu. Tidak terlalu susah karena tinggal comot di internet dan mengubah isinya. Saya pakai yang sudah populer saja macam Superfish buatan bang Joel Birch. Waktu dipasang, tidak muncul dropdown-nya, di Error Console-nya Firefox sih katanya

jQuery is not defined

Saya baru ingat kalo pengaturan path struktur modul saya khusus, harus pake absolute path yang sudah didefinisikan. Taraa, ternyata bukan itu masalahnya.

Saya lalu mencoba membuat fungsi untuk memanggil javascript lain di kode si superfish ini. Tentu saja untuk memanggil si jQuery. Di html-nya sudah ditambahkan juga yang memanggil jQuery dan modul-modul dependency dia lainnya. Zzzz, tidak berhasil juga.

Waktu saya sudah lumayan terbuang buat bingung dan googling. Ternyata belum rezeki saya. Walaupun masih penasaran, akhirnya saya lupakan sampai sore harinya.

Barusan saya penasaran lagi, saya cari tahu lagi masalahnya. Ternyata masalahnya garing banget…gara-gara tag yang memanggil jQuery saya letakkan di bawah tag modul Superfish. Huaaa, kenapa nggak dari tadi sih ketemu sama jawabannya -_-”

Tadinya:

Yang benar:

Penjelasan ilmiah:

jQuery undefined is typically caused by a path problem to jQuery.js or you may be making calls to jquery before it is loaded (jquery needs to load before any plugin files)

Previous Post
Leave a comment

4 Comments

  1. Debug pakai Firebug bikin hidup jadi lebih mudah lhoo😀
    Btw update link ke blog ane ke http://yohang.net😀

    Reply
    • emang udah pake itu juga debug-nya…cuma kan penjelasan errornya ga langsung eksplisit ngasih tau kalo jquery ga ke-load karena salah letak

      Reply
  2. aha,,justru itu bwt km jd paham bukan..belajar dari error itu emang pusing,,tp klu udh ketemu..waaaah,,bangga bgt…

    Reply
  3. gw juga perna salah kek gitu, hahaha… abs html ngebaca scriptnya sekuensial, kebiasaan di java yang bisa include dimana-mana, hahaha

    add blog gw juga gan😀

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

