Time is Running So Fast, Huh?


Sunday morning. As usual, I walk around to look for what might inspire me. Not outside the dorm, but on the internet😀. For this time, I just trivially wanted to know “the relation between time elapsing and religion matter” and found this one (hadith from Malay language).

Saya kaget saat menemukan artikel tentang “40 Tanda Akhir Zaman” yang salah satunya adalah Masa akan menjadi singkat, ditulis dalam bahasa Malaysia, tapi masih bisa dipahami. Astaghfirullah, pantesan saya sering merasa begitu, bahwa waktu terasa begitu cepat berjalan. Sering juga saya berpikir, mungkin nggak ya kalo Allah tanpa sepengetahuan kita (tentunya) memang sengaja mempercepat berjalannya waktu, kemudian manusia pun merasa “Aah time is running so fast, I haven’t finished all my tasks today, huaa”. Ternyata jawabannya adalah MUNGKIN 🙄. Untuk lebih jelasnya, mari kita baca uraiannya berikut:

Daripada Anas bin Malik r.a. berkata: Rasulullah saw. bersabda; “Tidak akan terjadi qiamat sehingga masa menjadi singkat maka setahun dirasakan seperti sebulan dan sebulan dirasakan seperti seminggu dan seminggu dirasakan seperti sehari dan sehari dirasakan seperti satu jam dan satu jam dirasakan seperti satu petikan api”.

H. R. Termizi

Keterangan

Masa akan berlalu begitu cepat. Belum sempat berbuat sesuatu, tiba-tiba masa sudah terlalu larut, sehingga banyak perkara yang belum dapat diselesaikan. Kita seakan-akan sibuk, tetapi kita tidak faham apa yang disibukkan. Kita diburu masa dan ia berlalu dengan tiada ada perkara yang dapat kita selesaikan. Inilah yang dimaksudkan dengan singkatnya masa.

Menurut Irnam al-Karmani, yang dimaksudkan dengan singkatnya masa ini ialah dicabut keberkatan daripadanya. Mcmang benar apa yang dikatakan oleh Imam al-Karmani itu, dahulunya kita merasakan dalam sehari banyak perkara yang dapat kita laksanakan, tetapi sekarang dalam sehari yang sama hanya sedikit perkara-perkara yang dapat kita laksanakan. Ini adalah satu petanda hampirnya qiamat.

Waspadalah! Semoga menambah rasa takut kita terhadap-Nya.. Yuk, kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya🙂

Sorry for not providing translation. I have to go to another place. Please directly go to the original article for the details.

Update 1 Agustus 2012

Bencana alam seperti gempa bumi besar 3/11 di Jepang yang terjadi tahun lalu rupanya juga bisa memperpendek waktu sehari di bumi:

Japan Quake May Have Shortened Earth Days, Moved Axis

Bayangkan jika semakin banyak kejadian alami serupa.. tidakkah waktu semakin berkurang dari 24 jam tiap harinya?

Previous Post
Leave a comment

3 Comments

  1. Nice one. Saya juga merasa waktu berjalan terlalu cepat. Kadang rasanya kok beda sama waktu masih kecil dulu. Dulu banyak hal bisa diselesaikan dalam satu hari. Sekarang dalam satu hari tidak ada yang selesai.

    Reply
  2. tidak terasa udah 25 tahun saja saya hidup di dunia ini..
    baru apa yang bisa saya berikan untuk diri sendiri, orang tua, adik -kakak dan tuhan yang telah menciptakan saya,,

    Reply
  3. Agoenk

     /  September 28, 2013

    Tau2 dah malming lg…😀
    Memang terasa lbh cepat…
    #ijin copas

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: