Sebut Saja JDorama


Halohai. Lagi pengen nulis nih… just to kill the time.

Aduh, belakangan saya kumat lagi nonton film berseri punya bangsa Nihon. Sampai terpikir apa perlu beli HDD eksternal lagi demi menyalin seluruh isi FTP 167.205.*.** itu. Haha. Oh Tuhan! Ngapain aja saya selama empat tahun di kampus ya, film sebanyak itu dilewatkan begitu saja. Untung saya masih cukup waras bahwa tugas saya hidup hanya untuk beribadah dan karena saya ragu apakah menonton film dengan niat ibadah itu kehitung atau nggak, maka saya membatasi maksimal 5 episode/hari. Itu aja udah lama! Ada yang sampai 45 menit per chapter. Meskipun demikian, banyak pelajaran yang bisa saya ambil dan seharusnya berguna nantinya.

“Film” yang saya maksud di atas sebenarnya rata-rata serial drama di TV-TV Jepang, jadi satu judul JDorama itu biasanya kumpulan dari episode-episode yang telah diputar. Kadang ada juga yang mengeluarkan versi movie atau SP.


Sambil menikmati, saya kerap berpikir: ‘kapan ya Indonesia punya drama TV cerdas kaya gini’. Niat gitu bikinnya. Saya suka sisi keprofesian dalam JDorama. Lihat saja betapa bervariasinya mereka berimajinasi tentang pekerjaan tokoh-tokoh kunci, tidak hanya stuck dalam bayang-bayang dokter, resepsionis, suster, pegawai kantoran, ustadz bahkan sopir. *nyindir sinetron Indonesia* Aaargh. Dua film terakhir yang saya tonton, misalnya, bercerita tentang kepala sekolah dan pengacara. Ada juga yang tentang detektif, ilmuwan, jurnalis, fotografer, pianis, konduktor, hacker, sampai dokter darurat (bertugas di lokasi perang, dsb.). Bagaimana dengan tema the whole film-nya? Jangan tanya. Jepun udah paling sughoi deh.. *lebai* tidak lupa selalu ada influencing words yang ditaburkan sepanjang film. Ditambah satu hal lagi yang saya suka: nggak mengumbar nafsu! Love story dikisahkan dalam koridor kesopanan orang timur tapi tetap romantis. Bandingkan dengan Hollywood…hadeuh, kalo nggak FK, pasti ML! <– udah diadopsi film Indo pula sekarang -_-"

Heu…orang sana bikin film aja niat betul ya, gimana bidang-bidang yang utama nggak maju :p

Previous Post
Next Post
Leave a comment

7 Comments

  1. whaaaa, ngopii aku buu

    Reply
  2. film Jepan dan Korea bagusan mana ? kayaknya bagusan Korea deh ..hehe

    Reply
  3. tetsukoeika

     /  May 18, 2011

    mbak dah nonton yg sang tokohnya jurnalis kan? mau dong filmnya. hehehehe… apa judulnya?

    Reply
  4. setuju kaa.. drama jepang emang keren. film yg bagus tuh ga harus love story, dan ga harus ada adegan2 yg aneh2..
    ya walaupun ga semua bagus sih, tapi kebanyakan dari film jepang ada pesan tersiratnya dan ada nilai kemanusiaannya..

    Reply
  5. 167.205.*.** ini t4nya dimana ya hehe.. pm ok.

    Reply
  6. klo diindonesia ,,
    dunia filem dipenuhi oleh hal-2 negatif..
    seperti kenakalan remaja..
    perpecahan rumah tangga.
    dll … ih malas nulisnya.

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

