Taamerikku


Dulu ketika masih tinggal di Bandung, saya suka banget makan ikan bumbu kuning di warung nasi rames atau warung tegal. Nah, sebulan setelah kepergian ke Jepang, saya tiba-tiba kangeeen banget beli itu. Masalahnya adalah.. eng ing eng, kunyitnya gimana yak. Entah kenapa abis itu pernah nyari sekali di supermarket tapi nggak ketemu, lalu lupa aja sampai akhirnya makan di restoran Indonesia di daerah Yokohama, namanya Soerabaya. Enak sih, tapi nggak seenak yang di Indonesia. Huhu. Setelah rasa kangen terobati, saya masih penasaran pengen bikin sendiri. Nyoba lah nyari lagi di supermarket, nggak ketemu juga.

Tiba-tiba, saat belanja di supermarket dekat apato, saya nemu aja itu si kunyit. Geblek, pemikiran saya sempit banget sebelumnya, nggak pernah nyari di bagian bumbu dapur serbuk, padahal di situlah saya nemunya. Ini dia.. namanya dalam bahasa Jepang ditulis pakai katakana ターメリック (Taamerikku, turmeric in [en], red.).

Wah seneng banget dah. Berarti saya bisa bikin masakan bumbu kuning kaya di Indonesia. Pas uji coba pertama, saya bikin ikan entah spesies apa dan dibumbuin sesuai bayangan saya akan sebongkah.. eh seekor ikan kuning di warung tegal. Pake paprika ijo dan sayuran mirip brokoli entah apa, cuma sering aja ngeliat orang Jepang menghias-hias makanan dengan itu. Taraaa.

BTW, yang selalu jadi masalah saya saat masak ikan adalah dagingnya cepet banget empuknya, jadi suka hancur pas dimasak. Udah digoreng dulu loh padahal. Mana nggak punya wajan cekung kaya di Indonesia jadi nggak bisa goreng sreeeng sampai bahan terendam minyak. Di sini adanya teflon yang otomatis dasarnya datar dan menghabiskan banyak minyak seandainya mau diperlakukan kaya wajan Indonesia. Piye yo carane?

Leave a comment

1 Comment

  1. Hebat. Silakan bereksperimen. Saya gak bisa bantu.:mrgreen:

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

