Ketika Anjing Mengalahkan Manusia


Di tulisan sebelumnya saya memang meng-coming soon-kan cerita gasshuku, tapi tiba-tiba pengen nulis ini😀. Perlu kita samakan persepsi bahwa anjing yang dimaksud di sini adalah dalam makna yang sebenarnya, bukan merupakan pisuhan (kata-kata jorok) atau ejekan sebagaimana yang marak terjadi di kalangan anak muda termasuk teman-teman saya #salahgaul.

click on pict for interesting page about dogs in Japan

Tadi sore saya bersepeda keliling kota hendak melihat-lihat keramaian yang ada #salahlagu -> ini yang benar. Saat bersepeda itu, saya seriiing sekali ketemu nihonjin lagi jalan-jalan sore sama anjingnya. Dari balita sampai mbah-mbah sepuh 80++ ada. Dari yang anjingnya kecil lucu sampai besar garang eksis di berbagai penjuru jalan besar, trotoar, jembatan, hingga pantai (kebetulan tempat tinggal saya dekat dengan pesisir). Melihat penampilan dan perlengkapan yang dibawa, sepertinya sih mereka ada yang cuma jalan santai (inu to samposuru), ada yang ngajak anjingnya olahraga, ada juga yang memang pergi dengan keperluan tertentu (misalnya belanja) bersama anjingnya. Apa yang menarik, salah, atau aneh? Tidak ada. Sebenarnya ini adalah fenomena yang sangat lazim saya temui di.. (saya tidak tahu di negara lain) yah setidaknya salah satu negara yang bukan Indonesia: Jepang. Namun, entah mengapa kali ini saya jadi berpikir panjang..💡

Memang jumlah anjing di Jepang gila-gilaan. Kelihatan sekali mereka sangat mencintai hewan yang satu ini. Kucing mah kalah pamooor..😛. Waktu baru awal datang ke sini dikasih tahu teman bahwa orang Jepang sekarang cenderung malas punya anak. Mereka lebih memilih memelihara anjing ketimbang “memelihara” anak. Hal pertama, yaitu cenderung malas punya anak, rupanya dibuktikan dengan angka rata-rata 1.96 anak untuk setiap keluarga (salah satu beritanya di sini). Saya pernah ngobrol soal ini dengan sensei dan dia mengiyakan sekaligus menyayangkan karena zaman mboknya dia (dan sensei lain yang saat itu nimbrung juga) jumlah anak per keluarga sampai 6-7 itu biasa. Hal kedua, yaitu lebih memilih anjing daripada manusia, sejatinya saya belum tahu kebenarannya. Mungkin perlu diadakan survei lebih lanjut. Hehe. Ada teman saya yang sudah delapan tahun menikah belum punya anak, tapi dengan semangat bercerita bahwa dia punya anjing saja dan dia tampak sangat menikmatinya. Pernah dengar kisah Hachiko? atau malah sudah melihat film, membaca kisahnya, bahkan memiliki anjingnya? Yes, that was another story about relationship between Japanese and dog.

Hanya saja, kami yang jarang lihat anjing dibawa-bawa begitu, menduga adanya gejala seperti itu kalau melihat besarnya perhatian nihonjin terhadap anjing. Anjing-anjing itu mayoritas diperlakukan seperti manusia, entah ‘pura-pura’ jadi anaknya, cucunya, atau lainnya, yang bebas masuk rumah, tidur dan makan bareng, dan sebagainya. Kalau lihat petshop pun, wuaaah kereta anjing, mainannya, pakaian, selimut, kasur, kandang, dan semacamnya lucu bagaikan punya bayi dan sudah canggih-canggih. Yah, nggak usah jauh-jauh deh petshop, di supermarket saja biasanya ada blok khusus berisi dog stuffs. Minimal sandang dan pangannya dijual. Standar banget lah itu.. saya aja pernah salah beli keset yang ternyata sebuah alas tidur anjing🙄. Ohya, Anda tahu kan kalo di Jepang, sebagaimana di banyak negara lain bahkan Malaysia, punya banyak arena bermain di taman-taman kota. Nah, kalau saya lihat yah, sekarang bocah-bocah pun harus berebut dengan anjing untuk bermain, habis banyak yang ngemong anjing di situ juga:mrgreen:. Bisa juga terjadi hal lain di masa mendatang, yakni taman bermain yang berceceran di mana-mana itu memanggil-manggil manusia agar dimainkan saking jarangnya anak kecil datang, bahkan muncul.. atau……..

dipakai mainan anak di atas umur seperti ini😛 (BTW yg kanan itu di Jogja lho *bangga*)

Next Post
Leave a comment

2 Comments

  1. Gashuku?
    Lho lho, kalo gak salah, itu ujian karate untuk sabuk hitam?❓

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: