Gasshuku


Seperti yang pernah saya cetuskan, ini cerita saya tentang 合宿.. ^^

Gasshuku, yang kalo dalam kamus saya itu seperti mabit bareng teman se-lab😀, adalah satu dari sekian banyak kebiasaan orang Jepang. Sebagaimana mereka melakukan aktivitas yang disebut nomikai, hanami, hanabi, momiji, wabi, matsuri, dan sebagainya, gasshuku juga begitu. Kalo kamu jadi mahasiswa dan tergabung dalam satu laboratorium atau grup riset tertentu di bawah seorang/lebih profesor (sensei), maka gasshuku adalah saatnya spending time bareng teman se-lab di luar kampus. Di luar suasana yang biasanya. Di luar agenda yang selazimnya terjadi tiap minggu (misalnya, research meeting). Bisa jadi sebenarnya kegiatannya sama. Ya presentasi, ya baca paper, ya ngerjain riset, ya konsultasi ke profesor.. dan lain-lain. Hanya saja, atmosfernya berbeda karena pensuasanaannya lebih seperti rekreasi. Secara harfiah, memang artinya camping😮.

Tanggal 22-23 Okt kemarin saya dapat kesempatan buat merasakan gasshuku ini. Menariknya, ternyata lab-nya sensei saya sudah >= 6 tahun lebih nggak ada gasshuku. Well, saya nggak survei banyak lab, tapi jauh sebelum gasshukunya saya ini, bahkan saat saya masih di Indonesia, sudah sering saya dengar cerita teman lagi gasshuku. Wah, sepertinya asyik.. dulu mikirnya begitu dan menanti-nanti tibanya gassuku bareng mahasiswa bimbingan sensei lainnya di lab saya. Eng-ing-eng, ternyata saya nggak punya teman se-lab😆. Officially, only a visiting researcher who has been staying in the lab since two months before my coming. Sudah begitu, kampus saya itu nyeleneh karena mahasiswa S1 nggak punya program studi dan nggak menulis tugas akhir (yang mana biasanya mengharuskan kita masuk ke lab tertentu). Keterlibatan mereka dengan lab sensei tertentu hanya semacam project course. Jadi, sebenarnya saya sudah nggak berharap bisa merasakan gasshuku sebelum akhirnya teman segrup riset menghidupkan gasshuku lagi untuk mahasiswa S1 yang terdaftar dalam project course bimbingan sensei🙂 then, here we went..

By the way, this was my first time to use “slideshow” feature on WordPress -____-”
Hope you enjoy the photos!
All images were taken by Yuri (@ylilium) and I.

This slideshow requires JavaScript.

どうでしたか。楽しかったんですか。

Berkat gasshuku ini, saya jadi tahu gambaran cewek Jepang kalo lagi ngumpul bareng seperti apa, obrolannya apa saja. Kan kata Rasulullah juga, kita baru bisa mengenal teman secara obyektif kalo sudah melakukan perjalanan atau tidur bersamanya. Bahasa kita mungkin “kalo pengen tahu sifat asli teman, busuk-busuknya dia..” ya gitu lah caranya😎.

Kali ini kebetulan saya disuguhinnya make up class. Percayalah, cewek Jepang sangat peduli dengan make up. Ke mana pun Anda pergi, nggak ada hajatan nggak ada lebaran, Anda akan lihat mereka tetap pakai make up tiap hari. Sampai konon kalo lagi sakit enggan ditengok karena lagi nggak pake make up😐. Jangan mengira yang pakai cuma mbak-mbak 17++ dan ibu-ibu aja.. tapi anak SMP juga udah biasa. He he. Nah, saat gasshuku, kebetulan ada Yuri yang jago make up mengajari make up pakai demonstrasi ke another girl who started wearing make up at the second-day’s morning of gasshuku.

Berhubung kamar cewek cuma satu, nimbrung deh semuanya ikut menyimak juga, termasuk saya yang (sebelumnya) don’t care at all about makeup-ing:mrgreen:, but somehow “kelas”-nya Yuri bikin saya tertarik banget buat mencoba hingga akhirnya saya beli satu set make up dua hari setelahnya dan itu pertama kali dalam hidup saya belanja make up. Jadi kalo Anda tanya: apa yang saya dapat dari gasshuku? dengan malu-malu saya akan menjawab: make up awareness. LOL

Leave a comment

1 Comment

  1. Info sangat menarik, sukses ya mas.. , Adrianne

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

