Download Foto di Instagram


Tadi baca percakapan di FB dan ada yang berpendapat bahwa menyimpan foto di Instagram lebih aman dari plagiat karena harus bayar kalo mau meng-copy. Entah benar atau tidak, tapi sebenarnya sih nggak seaman itu juga karena masih bisa diakali dengan cara standar.

Saya sendiri belum lama pakai Instagram dan memang sih, waktu awal-awal berkenalan sempat takjub dengan proteksinya. Oho, ternyata Instagram ini bukan sembarang aplikasi photo-sharing yang foto-foto didalamnya bisa dengan mudahnya disimpan ke komputer, ponsel, dan sebagainya. Nggak ada menu “save image” langsung di fotonya, sedangkan kirim email pun cuma bisa dengan alamat (link)-nya, bukan berupa file fotonya. Minimal harus ‘minta’ share URL-nya dulu ke server. Kalo nggak butuh resolusi besar sih, screenshot aja mungkin udah cukup meskipun agak repot😛, tapi kita tentu pengen dapat foto seukuran aslinya.

UPDATE!

Kyahaha, maap nih, ternyata cara di bawah cuma berlaku buat account Instagram sendiri, sedangkan untuk foto orang lain hanya ada menu flag atau review. Iya, baru sadar juga mana bisa share URL foto orang lain.. Meskipun demikian, saya dapat informasi berharga dari pembaca dan akhirnya berkenalan dengan Pinstagram. Wow!  All you need is this application! Bisa langsung “save image” foto siapa pun ke komputer:mrgreen:.

Cara yang biasa saya pakai untuk mengunduh foto (sejauh ini masih foto milik sendiri)dari Instagram adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu di bawah foto, pilih “Copy share URL”
  2. Jika muncul pesan notifikasi seperti ini, tekan tombol “Dismiss”-nya
  3. Alamat yang sudah tersalin bisa Anda paste ke email atau note, pokoknya agar bisa dibuka dari komputer
  4. Di komputer, klik alamat foto tersebut. Jika Anda menggunakan browser Chrome atau Firefox, klik kanan mouse, dan pilih “Inspect Element”.
  5. Panel yang berisi kode-kode HTML akan muncul seperti ini dan bagian yang menunjukkan alamat foto terkait akan otomatis terblok. Klik URL tersebut untuk mengunduh.
  6. Selanjutnya Anda bisa “Save Image” seperti biasa. Voila! Foto pun tersimpan di komputer Anda.

  7. Selain dengan cara “Inspect Element” tadi, Anda bisa juga langsung menekan tombol CTRL+U bersamaan pada halaman foto Instagram yang diinginkan. Setelah terbuka halaman kode HTML seperti ini, cari kata kunci class="photo", nah di sebelahnya pada bagian src tertulis alamat foto. Klik URL tersebut untuk mengunduh.

Untuk mengunduh foto ke ponsel, tinggal masukkan saja URL yang sudah disalin ke kolom alamat web di browser ponsel Anda (Safari, Opera Mini, Dolphin, dsb.), kemudian cari menu untuk menyimpan gambar.

egadioniputri signature

Leave a comment

7 Comments

  1. jadi, asyiknya gimana nih ?

    Reply
  2. Weew.. Tutorialnya keren..😀

    Reply
  3. ienieilham

     /  October 2, 2013

    thanks ya jd bisa copy islamicdaily reminder…..

    Reply
  4. makasih infonya :))

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: