Ayam Crispy ala KFC


Kemarin untuk ke sekian kalinya saya masak ayam crispy ala KFC  yang pakai tepung dengan efek fascinating itu.. kriuk.. kres, kres, kres! Foto ayam itu saya upload ke IG (follow me!) dan banyak kawan bertanya resepnya. Karena udah sering bikin dan fotonya nggak cuma satu, maka sekalian aja saya jadiin satu tulisan di blog ini biar pada kebayang yah😀

ayam-crispy-KFC-recipega(3)

Ayam crispy ala KFC – Udah mirip kan penampakannya? Ini kayanya yang paling berhasil rasanya karena mulai pede banyakin bumbu tabur (2014-03-07)

Ayam KFC.. dengan melihatnya saja, kalo bukan lagi diet or alasan kesehatan lainnya, siapa sih yang tidak tergoda? Dari kecil aja kita tahu kok kalo itu makanan enak, makanya kadang kalo pergi kita makannya minta di sana. Nah, ketika beranjak dewasa.. caila, karena udah mulai ngerti jajan di sana nggak baik dari berbagai faktor mulai dari ke-junk food-annya (sayurnya minimalis dan minumannya pun bersoda), tarifnya, cara memasaknya, bahan yang kita nggak tahu asal-usulnya, sampai teori konspirasi (uhukkk..), saya mulai coba-coba masak sendiri dengan berbagai resep yang saya dapat online.

Entah udah berapa banyak dulu video yang saya pantengin dan situs resep yang saya jabanin, baik dalam bahasa Indonesia, Inggris, maupun Jepang. Sayangnya banyak resep yang bikin rempooong, hingga pada suatu hari seorang teman membagi resep dari temannya (nah, lho) dan saya cobain. Eh, ternyata resep itulah yang paling gampang dan cocok saya terapkan sampai sekarang, bahkan dalam prakteknya udah sering saya modifikasi sesuka hati. Dari “praktikum-praktikum” itu setidaknya jadi tahu apa yang bikin berhasil dan gagal.

Ini dia resep ayam goreng tepung crispy ala KFC yang selama ini saya pakai itu. Sukanya sama resep ini karena bahannya super simpel dan tanpa raising agent seperti baking powder.

Ayam crispy KFC (2013-02-11)

Ayam crispy ala KFC pertama saya yang langsung dipraktekkan sehari setelah dapat resep. Alhamdulillah karena berhasil jadi semangat bikin lagi, lagi, dan lagi (2013-02-11)

Bahan-bahan (Takaran di sini saya tulis asli sesuai resepnya, tapi biasanya dalam praktiknya saya kira-kira sendiri)
★ Ayam bertulang 1 ekor
★ Putih telur dari 1 butir telur, dikocok sampai ‘pecah’ seperti air, tidak menggumpal
★ Tepung terigu 150 gram
★ Garam 1 sdt, lada putih bubuk 1/2 sdt, cabe bubuk 1/2 sdt, campurkan ke tepung terigu –> saya tambahin paprika bubuk dan lada hitam bubuk

Lumuran
★ Bawang putih 6 buah, dihaluskan
★ Jahe 2 cm, dihaluskan
★ Lada putih bubuk 1 sdt
★ Garam 1 sdt

Credits to temennya mbak Imah

Persiapan
★ 
Setelah dipotong-potong, ayam dibumbui dan disimpan di kulkas minimal satu jam. Pengalaman saya, entah kenapa ayam dari freezer dibandingkan yang tidak disimpan di freezer menghasilkan tekstur yang lebih bagus. Tentunya sudah dibiarkan di suhu ruang dulu sebelum dimasak. Masaklah dalam keadaan masih dingin.

Langkah memasak (Saya jabarkan seperti yang pernah saya tulis di FB, jadi mungkin tidak sesuai resep di atas :D)
★ Lumuri ayam dengan bumbu standar yang bisa menyamarkan bau amis ayam seperti bawang putih, garam, merica, jahe, jeruk nipis, atau lemon (tiap orang beda selera), tidak usah dikasih air
★ Simpan di kulkas 30-60 menit –> ini kayanya jadi kunci banyak resep masakan crispy
★ Kocok putih telur biar nggak banyak yang nempel ke ayamnya, kalo nggak dikocok suka keikut semua kan
★ Siapkan tepung yang dicampur bumbu-bumbuan (suka-suka juga) seperti garam, merica, gula, ketumbar, nutmeg, cabe bubuk, cinamon, atau apa saja sesuai selera, yang penting sebisa mungkin bukan vetsin ya (upsss..)
★ Keluarkan ayam dari kulkas, gulingkan ke tepung bumbu
★ Celupkan ke putih telur sampai seluruh permukaan terlapisi
★ Gulingkan lagi ke tepung bumbu sambil ditekan-tekan biar tepung nempel
★ Masukkan kulkas lagi sampai tepungnya nggak kelihatan tepung (udah nyatu sama ayamnya)
★ Goreng terendam di dalam minyak 170-180 derajat –> ini bagian paling nggak enak krn modalnya banyak, wkwkwk

Hasil evaluasi
★ Agar tepung yang sudah bercampur telur tidak menggumpal di tangan,  gunakan sendok / garpu saat menggulingkan ayam ke tepung dan mencelupkannya ke telur
★ Ternyata tidak terendam minyak pun ayam tetap bisa crispy seperti yang kita inginkan (lihat foto terakhir saya di atas, itu digoreng dengan minyak separuh tinggi ayam)

Boneless chicken atau ayam tanpa tulang

Resep di atas juga bisa diaplikasikan pada ayam tanpa tulang bagian dada atau paha. Bongkahan ayam tanpa tulang tinggal dipotong kecil-kecil. Hasilnya kira-kira seperti di bawah ini.

ayam-crispy-KFC-recipega(2)

Ayam crispy KFC versi tanpa tulang (2013-09-21)

Sekarang nggak perlu selalu ke KFC kan buat menikmati ayam se-crispy dan segurih ini, apalagi beli ayam “KFC” abal-abal di pinggir jalan yang kadang diakalin itu. Selamat mencoba!

Leave a comment

6 Comments

  1. Mau coba ahhhhhh

    Reply
  2. jadi laper hahahaha

    Reply
  3. Utari

     /  October 7, 2014

    Kliatannya enak and murmer ni, cb bkn de bsk😉 thanks for the recipe

    Reply
  4. salafdaun

     /  January 21, 2015

    keliatnnya enak,,hmm
    ijin copas boleh,,?

    Reply
  5. salafdaun

     /  January 21, 2015

    keliatnnya enak,,hmm
    ijin copas boleh,,?

    situsku: http://mrsolusi.wordpress.com

    Reply
  6. wah no comment deh kalo udah pantengin fotonya emang sangat begitu menggoda sekali dan nampaknya kriuk kriuk rasanya. hmm

    Reply

Wait! Don't forget to leave a reply here.. :D

